Bisnis tanpa modal, apakah mungkin dilakukan?




apcrit.comMemulai sebuah bisnis memang membutuhkan banyak pertimbangan yang matang dan terutama modal. Pertanyaan yang sering muncul ketika mau memulai sebuah bisnis, dari memulai bisnis apa, kemudian apakah memiliki kemampuan atau skill untuk mengelola bisnis tersebut sampai ke kalkulasi modal dari misalnya : harga sewa tempat usaha, bahan baku, peralatan usaha, gaji pekerja, biaya listrik, biaya air dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang tidak mau dipusingkan dengan hal-hal rumit tersebut, berikut 7 bisnis yang dapat kamu lakukan tanpa modal. Dengan mengandalkan pengetahuan yang kamu miliki, skill serta kemampuan menjual suatu produk yang dapat dijadikan penghasilan tambahan disamping penghasilan utama.

1. Guru Les Privat

bisnis tanpa modal
Kamu dapat memanfaatkan pengetahuan dan kemampuan yang sudah kamu miliki sebelumnya dengan cara membuka les privat untuk anak sekolah. Untuk bidang pelajaran kamu dapat mengajarkan les matematika, fisika, bahasa inggris.

Untuk bidang seni kamu dapat mengajarkan les piano, les gita, les drum dan lain-lain. Untuk bidang olah raga kamu dapat mengajarakan les berenang barangkali.
Untuk mempromosikan jasa kamu dapat melalui instagram, facebook, twitter dan lain-lain.

 

2. Menjadi penerjemah

bisnis tanpa modal
Banyak perusahaan yang masih membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan dokumen-dokumen perusahaan. Walaupun saat ini banyak aplikasi penterjemah yang dapat menerjemahkan segala bahasa namun jasa penerjemah lebih diandalkan karena memang hasil terjemahan manusia dan mesin bisa berbeda hasilnya.
Pencari jasa penerjemah ini bisa kamu temukan pada website freelance.



3. Penulis Lepas

bisnis tanpa modal
Apabila kamu jago menulis dan tulisan kamu memang menarik untuk dibaca, kamu bisa menjadi penulis lepas dengan menawarkan jasa pada media online, atau blog-blog baru yang membutuhkan jasa penulis lepas. Pendapatan yang kamu terima dari penulis lepas tergantung penawaran dari media online atau blog tersebut, lumayanlah untuk tambahan penghasilan.

 

4. Menjual foto

bisnis tanpa modal
Apabila kamu mempunyai kamera dan hobi fotografi, hasil karya foto kamu dapat dijual melalui website foto. Ada banyak website yang menerima foto untuk dijual dari anggota yang mendaftar pada website foto tersebut. Penghasilan yang kamu terima tentunya apabila foto kamu ada yang gunakan atau ada yang beli dari website foto tersebut.

 

5. Marketing property

bisnis tanpa modal
Pertumbuhan penduduk yang begitu pesat memberikan peluang buat kamu untuk memanfaatkannya. Begitu banyaknya keluarga baru yang membutuhkan rumah. Kamu bisa memanfaatkannya dengan cara menjadi makelar rumah.

Misalnya di sekitar tempat tinggal kamu ada yang menjual rumah,tentunya si pemilik rumah mau agar rumah tersebut cepat laku. Coba hubungi pemilik rumah apakah bisa memberikan komisi jika kamu mampu menjual rumah tersebut. Rumah yang dijual bisa kamu tawarkan kepada keluarga, sahabat, teman di kantor.



6. Dropshipper

bisnis tanpa modal
Adalah bisnis online dimana kamu sebagai dropshipper tidak perlu stok barang dan tidak perlu repot melakukan pengiriman barang kepada si pembeli.

Kamu tinggal konfirmasi kepada supplier apabila barang yang kamu iklankan laku, kemudian si supplier memproses pembelian dan mengirimkan barang kepada si pembeli.

Keuntungan tergantung dari berapa persen kenaikan harga barang yang kamu iklankan dari harga dasar si supplier. Misalnya harga supplier Rp. 1000, harga yang kamu iklankan 500, maka keuntungan yang kamu dapatkan Rp. 500.
Untuk bisnis dropshipper ini kamu harus mencari supplier yang mau bekerjasama dengan sistem dropship.

 

7. Jasa Desain

bisnis tanpa modal
Bisnis jasa dapat dikatakan bisnis tanpa modal. Contohnya jasa desain grafis, hanya memerlukan sumber daya yang sudah ada sebelumnya yaitu laptop atau komputer untuk menghasilkan desain sesuai permintaan konsumen dan menghasilkan uang.

Promosi dapat kamu lakukan pada media sosial ataupun market place yang ada. Contoh jasa desain yang banyak dibutuhkan : desain logo, baliho, spanduk dan lain-lain.

Memang ke tujuh bisnis tersebut bukan murni tanpa modal sepeser pun. Tenaga, waktu dan ada sumber daya yang sebelumnya sudah kamu miliki yang dapat diberdayakan untuk menghasilkan uang. Dan jangan lupa berdoa agar bisnis kamu sukses dan menghasilkan.