Rahasia sukses bisnis orang Cina

Image parts from Vecteezy




apcrit.com Tidak dapat dipungkiri di belahan dunia bagian manapun pasti ada orang Cina, tapi tunggu dulu, artikel ini tidak ada sangkut pautnya dengan SARA. Artikel ini membahas mengapa orang Cina selalu sukses dalam berbisnis, hal ini bisa dilihat di berbagai belahan dunia, hingga pelosok desa. Kebanyakan yang kita lihat, mereka sangat pandai dalam mengelola bisnis dan rata-rata sukses dalam menjalankan bisnisnya. Sehingga semua orang yang hendak menggeluti dunia bisnis ingin mengetahui rahasia sukses bisnis orang Cina, agar mereka juga meraih kesuksesan.

Berikut prinsip dan rahasia sukses bisnis orang Cina.

1. Lebih baik keuntungan kecil tapi lancar
Bagi pemula bisnis, mendapatkan untung yang besar adalah hal yang sangat diharapkan. Wajar, karena bagaimanapun kita harus mengembalikan investasi yang sudah dikeluarkan untuk memulai bisnis tersebut.

Tetapi bagi orang Cina, kuantitas atau perputaran penjualan lebih penting daripada untung yang besar. Dengan jumlah perputaran penjualan yang cepat walaupun untung sedikit akan lebih kelihatan hasilnya. Daripada mengharapkan untung besar tetapi untuk mendapatkan keuntungan tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama. Yang mengharapkan keuntungan besar lambat laun akan sulit bertahan dalam persaingan bisnis.

2. Membaca keinginan pasar
Sebagai pebisnis, tentu sangat penting bagi kita untuk jeli melihat apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Tidak dengan memperkirakan apa yang dibutuhkan pelanggan tapi langsung menyediakan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Contoh, misalnya di sekitar komplek perumahan atau pemukiman, pastikan menyediakan kebutuhan yang pasti laku terjual seperti air minum galon, gas, sembako dan pulsa. Barang-barang tersebut dijamin laku terjual, karena memang keinginan pasar.



3. Kerja keras
Selain jeli melihat prospek, mereka juga sangat rajin dan pekerja keras. Karena memang mutlak, agar lebih berhasil dari orang lain kita harus lebih keras. Seberat apapun pekerjaan apabila dilakukan dengan tekun, pasti akan membuahkan hasil yang setimpal. Sudah pasti, rahasia sukses bisnis orang Cina yang satu ini menjadi kunci kesuksesan orang Cina.

Dapat kita lihat pada toko-toko yang tetap buka meskipun tanggal di kalender merah atau libur nasional bahkan hari-hari besar. Contohnya pada hari besar keagamaan seperti lebaran, natal, toko yang pemiliknya orang Cina pasti tetap buka karena mereka sudah memprediksi peningkatan permintaan pada hari-hari tersebut. Keuntungan yang didapat pun berlipat ganda setelah kerja keras yang dilakukan.

3. Mengelola keuangan
Memang pengelolaan uang yang baik adalah kunci kesuksesan dalam berbisnis, dan ini bukan hanya diketahui oleh orang Cina saja. Tetapi orang cina sangat ketat dalam pengelolaan keuangan, sangat pantang untuk membelanjakan uang yang melebihi pemasukan yang diperoleh.

Prinsip ini sudah dianut secara turun-temurun dan menjadi warisan leluhur. Mungkin terkesan pelit, tetapi ini adalah kunci kesuksesan mereka. Pengeluaran atau membelanjakan uang harus dipertanggung jawabkan, harus ada catatan dan tidak semua pengeluaran boleh melebihi anggaran. Prinsip hidup hemat dari orang tua diteruskan pada anak-anak dan generasi berikutnya, agar mereka paham bahwa kesuksesan tidak hanya dengan usaha dan kerja keras, harus dilengkapi dengan pintar mengelola keuangan.

4. Uang menjemput uang
Uang yang dimiliki sekarang adalah untuk menjemput uang-uang yang akan berdatangan berikutnya. Dalam kata lain uang yang dimiliki tersebut dilipat gandakan dengan menjadikannya modal usaha atau investasi lainnya untuk menghasilkan uang yang lebih banyak. Sehingga uang yang dimiliki tersebut tidak habis untuk hal-hal yang tidak penting seperti bersenang-senang.

Demikian rahasia sukses bisnis orang cina yang dapat kamu jadikan pedoman agar bisnis kamu semakin sukses. Dalam berbisnis tidak ada kesuksesan yang diraih dengan cara yang instan, tidak ada pula kesuksesan tanpa kerja keras, ketekunan dan kesungguhan dalam menjalankannya. Dan yang terakhir, jangan lupa panjatkan doa pada yang Maha Kuasa agar semua kerja keras dan usaha kamu dilancarkan. Tetap semangat, kita semua bisa sukses dalam berbisnis. Semoga artikel ini bermanfaat.

Dari berbagai sumber.