Cara Mengatur Keuangan Bulanan




apcrit.com Uang mempunyai peranan yang sangat krusial dalam hidup kita. Untuk memenuhi kebutuhan pokok kita sehari-hari seperti makanan, pakaian atau biaya sekolah anak, adalah menggunakan uang.

Dengan uang di tangan kita mungkin bisa membeli sesuatu yang sudah lama kita idam-idamkan, atau pergi berlibur ke luar negeri seperti tetangga kita, misalnya.

Uang, selain alat untuk memenuhi kebutuhan juga merupakan alat memenuhi keinginan. Bayangkan bagaimana kehidupan kita tanpa uang.

Akan tetapi uang itu adalah terbatas, kita harus bekerja dulu untuk mendapatkannya, butuh waktu dan proses. Sementara kebutuhan itu akan selalu ada.

Yang sering menjadi masalah adalah ketika uang yang kita pegang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kita selama sebulan.

Sehingga kadang kita harus menarik dari tabungan, atau meminjam dari teman bahkan sampai menjual barang yang kita punya, untuk menutup kekurangan ini. Kalau kejadian ini akibat kejadian luar biasa, contohnya karena menutup biaya rumah sakit, masih dapat dimaklumi.

Tetapi bagaimana kalau hal ini sering berulang-ulang terjadi? Di sinilah poinnya kenapa mengatur uang itu penting.
Mengatur keuangan sebenarnya bukan hal yang sulit dan tidak membutuhkan keahlian yang khusus. Setiap orang bisa melakukannya.

Berikut tahapan-tahapannya:

1. Menyusun budget

Cara mengatur keuangan

All Images credit to : www.pixabay.com

Budget berkaitan langsung dengan penghasilan dan jenis kebutuhan. Budget untuk setiap orang mungkin berbeda-beda. Budget sebaiknya kita susun di akhir bulan, dan harus menjadi kebiasaan dari waktu ke waktu.

Pertama sekali kita harus mencatat berapa penghasilan yang akan menjadi sumber dana untuk memenuhi kebutuhan kita selama sebulan ke depan.

Kedua, membuat dan mencatat alokasi dana tersebut untuk masing-masing jenis kebutuhan, dimulai dari kebutuhan yang paling pokok terlebih dahulu.

Misalnya bayar kontrakan sebulan, biaya tranportasi sebulan, belanja kebutuhan dapur sebulan, kebutuhan sekolah anak. Jika masih ada sisa, alokasikan terlebih dahulu untuk ditabung.

 

2. Mencatat semua pengeluaran

Cara Mengatur Keuangan

All Images credit to : www.pixabay.com

Di sini butuh kedisiplinan, karena pada tahapan ini semua pengeluaran kita harus catat, baik kecil atau besar, setiap harinya. Lengkapi dengan tanggal, jumlah pengeluaran dan keterangan pengeluaran untuk apa saja.

Metode pencatatannya bisa sederhana saja pakai buku tulis dan pulpen saja, atau bisa juga yang lebih modern seperti Excel Spreadsheet atau aplikasi pencatatan keuangan di smartphone.

Pilih metode yang paling nyaman buat anda. Metode apapun yang anda pilih, yang paling penting adalah bagaimana menjaga data anda supaya tidak hilang.

 

Bersambung ke halaman 2