9 Pelajaran Hidup yang Penting



apcrit.com Pelajaran hidup adalah hal yang penting buat orang-orang yang mendedikasikan hidupnya menuju suatu kemajuan. Pelajaran hidup diperoleh dari pengalaman sendiri dan juga didapatkan dari pengalaman orang lain yang sudah mengalami terlebih dahulu.

Hidup adalah suatu proses pembelajaran yang tidak ada hentinya. Berikut beberapa poin pelajaran hidup yang harapannya bisa membantu buat brosis dalam menjalani kehidupan. Semoga tulisan ini dapat menjadi hal positif dan berguna.

1. Kegagalan adalah sesuatu yang positif.
Kegagalan adalah sebagian dari sukses. Sehingga untuk menuju sukses jangan alergi atau takut dengan kegagalan karena kegagalan itu lumrah dalam perjalanan menuju sukses.

Akan tetapi setiap kegagalan harus divaluasi dan dinalisa sebijaksana mungkin untuk kemudian dapat mengambil langkah yang lebih baik dari yang sebelumnya. Kesuksesan yang diwarnai oleh kegagalan akan semakin menguatkan dan membangun pribadi kita secara tidak sadar.



2. Jangan pikirkan apa yang orang lain pikirkan terhadap diri brosis.
Kadang kita terlalu takut akan pemikiran orang terhadap kita. Akibatnya sering menjadi penghambat untuk kita untuk memulai melakukan hal-hal baik dan positif.

“Pasti saya dikatain kurang kerjaan kalau saya membantu anak-anak jalanan untuk belajar baca-tulis”, “Kalau saya memulai bisnis ini pasti dikatain gila, karena resikonya tinggi”. Pemikiran seperti ini pasti sering muncul.

Sebaiknya kita fokus dengan tujuan atau hal positif yang kita kejar, gunakan energi kita untuk mempelajari dan menyusun rencana terkait dengan apa yang akan kita lakukan.

 

3. Kerja keras akan selalu berbuah.
Setiap kerja keras akan berbayar, baik itu bernilai materi ataupun kepuasan pribadi, asalkan dilakukan dengan perhitungan atau pertimbangan yang baik dan benar. Kadang kita melihat orang lain bisa sukses dengan cepat dan gampang.

Padahal kita tidak tahu bagaimana perjalanan orang tersebut menuju pencapaiannya atau kesuksesannya, yang kita lihat hanya suksesnya saja. Kesuksesan itu tidak pernah diperoleh secara instan, pasti melalui serangkaian proses yang membutuhkan usaha, pertimbangan, pengorbanan dan bahkan berbagai hambatan dan kegagalan.

 

4. Belajar untuk mengatakan tidak.
Belajar untuk mengatakan tidak pada hal-hal yang bersifat negatif. Belajar untuk mengatakan tidak ketika godaan-godaan yang seolah membujuk kita melalukan hal-hal yang negatif, dimana hal-hal negatif ini biasanya sangat menggoda, gampang, enak dan nikmat.

Fokus pada tujuan yang brosis cita-citakan, yakin dengan proses yang brosis jalani, tepis dan katakan tidak pada godaan-godaan yang akan menyurutkan langkah brosis. Jangan katakan tidak pada(hal) korupsi ya brosis, jangan sekali-kali.

 

Bersambung ke halaman 2