7 alasan minum kopi setiap hari




apcrit.com “Ngopi yuk!”, ajakan teman saya F. Barakuda, kebetulan tim apcrit baru saja menyelesaikan aktifitasnya sehari-hari, teman saya om F Barakuda baru pulang dari proyek, maklum pimpinan proyek bro, dan saya sendiri baru pulang nguli dari kantor.

Meluncurlah tim apcrit ke sebuah warung kopi yang tidak biasanya ditongkrongi oleh tim apcrit, dan tidak lama kemudian dua cangkir kopi yang nikmat meluncur di meja..hmmm seruput…

Tim apcrit memang selalu kopi darat apabila ada waktu senggang dan minumannya selalu kopi, 1-2 cangkir kopi per orang sudah biasa. Seruput.



Tahukah kamu mengapa tim apcrit selalu meminum kopi? Karena tim apcrit sudah membaca manfaat kopi yang tim baca dari Huffington Post. Hehehe.

Berikut 7 alasan minum kopi setiap hari yang kami lansir dari Huffington Post :

1. Meningkatkan ketelitian
Kopi mengandung kafein yang dapat mempertajam pemikiran dan membuat lebih fokus, sehingga ketika membaca, kamu lebih teliti terhadap ejaan yang salah dan kesalahan ketik pada penulisan bacaan kamu tersebut. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang terbit dalam Journal of Psychology.

2. Mengatasi depresi

7 alasan minum kopi setiap hari


Dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, untuk wanita yang selalu atau biasa meminum kopi setiap harinya akan memiliki kemampuan yang lebih besar dalam menurunkan tingkat depresi yang dialami.

3. Melindungi otak
Terdapat senyawa tertentu di dalam kopi yang dapat berkhasiat khusus untuk melindungi otak kamu. Menurut beberapa penelitian dan artikel menyatakan kalau kamu meminum kopi setiap hari dapat menurunkan resiko terkena serangan Alzheimer (kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan. Alodokter.com)

4. Menurunkan resiko kanker prostat
Khusus untuk kamu pria, minum kopi setiap hari merupakan alasan yang tepat. Karena kopi dapat menurunkan resiko kanker prostat, telah terbukti oleh penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health.

5. Menurunkan resiko kanker kulit
Mengurangi resiko kanker kulit jenis carcinoma juga merupakan alasan minum kopi setiap hari. Tetapi dianjurkan untuk minum kopi yang mengandung kafein, hal ini disampaikan menurut penelitian yang dilakukan oleh American Association for Cancer Research.

6. Pencegahan diabetes tipe 2
Penelitian yang dilakukan oleh Journal Archives of Internal Medicine pada tahun 2009, minum kopi setiap hari dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Berikut link artikel yang menjelaskan hal tersebut.

7. Menurunkan resiko terhadap penyakit parkinson
Selain Alzheimer, minum kopi setiap hari juga dapat mengurangi resiko terhadap penyakit parkinson (kerusakan otak dan saraf progresif yang mempengaruhi gerakan (motor system), terjadi karena hilangnya sel-sel otak yang memproduksi dopamin – Mediskus) sebesar 25%.

“Oh gitu ya om F. Barakuda?” setelah panjang lebar beliau menjelaskan 7 alasan minum kopi setiap hari, saya pun manggut-manggut. Karena memang om F. Barakuda ini sangat lancar dalam menjelaskan suatu hal.

“Tapi jangan lewat 3 cangkir sehari bro”, sambung om F. Barakuda.