Penyebab dan pengobatan asam urat




apcrit.com Defenisi dan Penyebab Asam Urat
Penyakit asam urat atau gout adalah penyakit rematik yang cukup mengganggu, rata rata menyerang para pria yang berusia 30-60 tahun sedangkan perempuan mengalaminya pada saat menopouse sedangkan remaja dan anak anak jarang mengalami penyakit ini.

Penyakit asam urat merupakan suatu bentuk penyakit arthrtis dimana akan menyebabkan pembengkakan, nyeri yang tak tertahankan dan rasa pasa di bagian persendian. Adapun bagian anggota tubuh yang sering terserang seperti wilayah pergelangan/telapak/jari kaki, lutut ataupun sendi jari tangan.

Penyakit ini memang sangat mengganggu dan biasanya muncul pada alam hari dengan rasa nyeri yang tak tertahankan, sekitar 6 jam sampai 24 jam dan akan berlanjut 3 sampai 10 hari. Setelah itu rasa sakit disebabkan asam urat akan hilang dengan sendirinya dan akan terasa seperti biasanya.

Penyebab asam urat dikarenakan terlalu tingginya kadar asam urat pada tubuh dimana terlalu banyak mengkomsumsi makanan yang mengandung purin. Sehingga tidak dapat di olah oleh tubuh dan membentuk kristal yang menumpuk di setitar sendi serta menimbulkan peradangan.

Purin sendiri ada di produksi pada tubuh namun juga terdapat pada makanan yang dikomsumsi. Apabila kamu terlalu banyak memakan makanan yang mengandung purin maka tubuh akan mengolahnya menjadi asam urat sehingga kamu akan memiliki resiko yang tinggi terkena asam urat.

Pengobatan untuk menangani asam urat
Ada dua cara untuk penanganan asam urat, yaitu menggunakan pengobatan tradisional atau menggunakan medis. Berikut akan kita ulas sedikit mengenai pengobatan asam urat.



1. Pengobatan Secara Tradisional
Untuk pengobatan asam urat menggunakan bahan alami disekitar ternyata sangat mudah. Berikut beberapa bahan alamiah yang sering kita temukan di lingkungan sekitar kita.

a. Tumbuhan Rimbang

Penyebab dan pengobatan asam urat

By Tu7uh [CC BY 3.0 (https://creativecommons.org/licenses/by/3.0)], from Wikimedia Commons

Tumbuhan rimbang termasuk pada tumbuhan terong terongan. Kasiat tumbuhan ini sangat baik untuk mencegah dan mengobati asam urat. Untuk pencegahan, campurlah rimbang dengan sayuran agar mudah di komsumsi. Sedangkan untk pengobatan, rebuslah rimbang menggunakan air rebusan, kemudian minumlah air rebusan tersebut saat hangat.

 

b. Madu Murni

Penyebab dan pengobatan asam uratBy Scott Bauer, USDA ARS [Public domain], via Wikimedia Commons

Dalam madu murni terdapat kandungan vitamin serta mineral protein, tembaga, riboflavin, niasin, kalsium, pottasium, zinc, zat besi, dan magnesium. Kandungan ini baik untuk mencegah dan mengobati asam urat. Untuk menggunkaan madu sebagai pengobatan, pilihlah madu yang asli agar kadar gulanya lebih baik, kemudian minum secara langsung ataupun dapat melarutkannya dengan air putih hangat secukupnya.

 

c. Minyak Zaitun

Penyebab dan pengobatan asam uratBy Pietrablanca [CC BY-SA 4.0 (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)], from Wikimedia Commons

Dalam kandungan minyak zaitun terdapat , phenolic, zat besi, lemak baik, vitamin E dan K, dan sebagainya. Komsumsilah minyak zaitun ataupun mencampukannya dengan makanan setiap malam dan pagi hari, akan lebih baik sebelum makan.

 

d. Kulit manggis

Penyebab dan pengobatan asam uratBy مانفی [CC BY-SA 4.0 (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)], from Wikimedia Commons

Dalam kandungan kulit manggis terdapat kalsium, antioksidan, protein dan lain sebagainya yang baik untuk mengobati asam urat. Untuk pengobatan, ambillah blander kemudian keroklah kulit buah manggis, lalu tambahkan 1 gelas air dan gula secukupnya. Blender sampai halus kemudian minumlah secara rutin (2 kali sehari).

Sebenarnya masih banyak lagi cara tradisional untuk mengobati serta mencegah penyakit asam urat. Namun pada kesempatan ini penulis menampilkan hanya 4 cara karena telah memperaktekkannya dan mencobanya dan itu berhasil.



2. Pengobatan Secara Medis
Berdasarkan penelitian penyakit asam urat tidak dapat di sembuhkan, namun ada obat yang dapat mengendalikan dan meringankan pada saat gejala ini timbul. Keteraturan minum obat asam urat merupakan pola hidup sehat yang harus dijalani. Gejala tersebut bisa diatasi dengan obat yang harus sesuai dengan resep dokter, yaitu antara lain.

a. Mengobati serangan asam urat mendadak dan parah dipergunakan Non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAIDs), seperti diclofenac, etoricoxib, naproxen, dan ibuprofen

b. Steroid dapat dimasukkan langsung ke persendian, antara lain seperti prednison dan methylprednisone.

c. Untuk mengurangi resiko kambuh serta mengontrol tingkat asam urat obat seperti probenesid, colchicine, allopurinol dan febuxostat. Obat-obat tersebut harus sesuai dengan resep dokter untuk menghindari efek samping ketidaksesuaian yang menimbulkan mual, diare dan kram perut.

Berdasarkan kebiasaan yang telah dilalui, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar asam urat ini tidak sering muncul antara lain :

1. Aturlah pola makan dengan baik, agar terhindar dari sakit asam urat, selain diet rendah purin, ada baiknya juga kamu menghindari makanan lemak dan makana yang memiliki gula tinggi.

2. Menghindari makanan tinggi purin
Makanan yang harus kamu hindari yaitu, kaldu daging, jeroan, bebek, sosis dan seefood.

3. Minumlah air mineral secukupnya
Agar kadar asam urat kembali normal, ada baiknya kamu banyak minum air mineral adar jangan sempat terjadi penumpukan kristal asam urat.

4. Lakukan olah raga rutin
Memang saat terkena penyakit asam urat, rasanya sangat malas untuk bergerak. Namun percayalah bahwa malas bergerak adalah salah satu pantangan dari asam urat. Kamu lebih baik berolah raga rutin agar penyakit asam uratku tidak kambuh, dan itu juga akan baik untuk berat badan kamu.

Itulah tadi sedikit uraian mengenai penyebab dan penyembuhan penyakit asam urat, semoga bermanfaat. Salam selalu sehat.