6 Fakta Musik Bisa Membantu Kreativitas




apcrit.com Bagi kebanyakan orang beraktifitas sambil mendengakan musik merupakan kebiasaan, dengan harapan dapat meningkatkan konsentrasi dalam pekerjaannya.

Musik merupakan salah satu media yang dapat membuat kamu tenang, santai dalam melakukan satu aktifitas apa lagi bila kamu sedang mengalami kejenuhan.

Persoalannya apakah musik memang benar benar dapat membantu kreativitas mu saat kamu mengalami kejenuhan dalam pekerjaan?

Melalui artikel ini kita akan coba ulas mengenai mengapa musik dapat mempengaruhi kreativitas yang akan memberikan dampak positif pada pekerjaan kamu.

Sam Ferguson dan Simone Ritter merupakan dua orang peneliti dari Raboud University, mereka melakukan ujicoba antara musik dengan tingkat kreativitas terhadap 155 mahasiswanya. Mereka membagi mahasiswanya dalam beberapa kelompok, dari yang mendengarkan musik dan yang tidak mendengarkan musik.

Dari hasil uji coba mereka menemukan jawaban bahwa adanya pengaruh musik dalam kreativitas dan suasana hati namun mereka kurang mempertimbangkan faktor pribadi sampel yang mereka uji. Walaupun demikian hasil uji coba mereka ini dapat dikatakan bahwa musik memang dapat mempengaruhi suasana hati dan kreativitas seseorang.

Lain halnya dengan seorang pakar kedokteran integratif dari Mayo Clinic yaitu Dr.Amit Sood mengatakan bahwa “Pikiran manusia cenderung suka mengembara, dan hal itu bisa menyebabkan rasa tidak bahagia. Sebagian besar waktu kita juga dihabiskan untuk fokus pada hal yang tak sempurna dalam hidup. Nah, musik bisa membuat kita kembali pada momen saat ini”.

Musik yaitu kumpulan nada yang dilantunkan melalui alat musik agar dapat mewarnai aktifitas manusia dimana dapat mempengaruhi mood maupun performa bekerja.

Waktu yang paling efektif untuk mendengarkan musik sekitar 15 menit sampai 30 menit. Hal ini dapat memicu mood itu muncul dan kreativitas itu bermain dengan sendirinya. Terbukti dengan, bila diamati kebanyakan orang yang mendengarkan musik sambil beraktifitas, akan mampu mengerjakan pekerjaannya lebih cepat serta memiliki ide yang baik.

Kebiasaan mendengarkan lagu kesenangan dapat membantu otak berpikir kreatif (out of the box) bila dihandingkan dengan keheningan ataupun kebisingan yang tidak teratur.



Berikut ini akan disajikan mengapa musik dapat mempengaruhi kreativitas yang akan memberikan dampak positif pada pekerjaan kamu.

1. Meningkatkan mood

6 fakta musik bisa membantu kreativitas
Pada saat kamu memulai aktifitas ada baiknya kamu mendengarkan musik kesukaanmu karna ini akan mempengaruhi mood dalam bekerjamu. Kamu akan merasakan semangat dalam bekerja.

Namun ada baiknya kamu hindari musik yang baru terutama yang tidak kamu sukai, karena akan mempengaruhi konsentrasi.

2. Melatih konsentrasi dan keseriusan

6 fakta musik bisa membantu kreativitas
Apabila mood mu sudah terjaga makan konsentrasi dan ketekunan ketika melakukan pekerjaan akan semakin terasa. Konsentrasi akan memberikan hasil yang memuaskan dan pekerjaan cepat selesai.

3. Membantumu untuk mengingat

6 fakta musik bisa membantu kreativitas
Musik akan membantumu mengingat sesuatu hal yang terlupakan pada saat bekerja. Konsentrasi yang terbangun untuk menciptakan kreativitas, dengan bantuan musik kamu akan merasakan memori dalam pikiranmu akan menghadirkan kebutuhan yang sedang kamu inginkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Hal ini mirip fenomena sinestesia, dimana pada saat mendengar musik otak memunculkan persepsi berupa gambar ataupun emosi terhadap sesuatu informasi.

4. Mengurangi rasa stres

6 fakta musik bisa membantu kreativitas
Saat ada rasa ingin memulihkan diri dari sebuah pekerjaan rutinitas, ada baiknya kamu mendengarkan musik. Musik akan membawamu bermeditasi sehingga jiwa dan pikiranmu akan menjadi tenang kembali dan kamu akan bersemangat lagi untuk melelakukan aktifitasmu.

Terutama pada saat emosimu memuncak dalam mengalami hari yang buruk sehingga stres menghampirimu, ingatlah musik akan membantumu untuk rilex.

5. Menenangkan dalam lingkungan berisik

6 fakta musik bisa membantu kreativitas
Pada saat kamu menginginkan konsentrasi yang tinggi kamu akan merasa sangat terganggu dengan aktifitas yang berisik disekitarmu. Musik akan dapat membantumu untuk lari dari suara suara yang tidak nyaman tersebut.

Gunakanlah earphone untuk mengurung dirimu dari suara berisik disekitarmu, sehingga pikiran tenang dan kamu dapat menyelesaikan semua pekerjaanmu dengan baik dan tepat waktu.

6. Menumbuhkan kreativitas baru

6 fakta musik bisa membantu kreativitas
Bila kenyamanan diri telah dapat kamu peroleh dari mendengarkan musik, kreativitas dalam melakukan aktifitas dan pekerjaanmu akan menjadi lebih mudah.

Ada baiknya juga kamu mendengarkan atau menikmati musik baru yang sesuai dengan kesenangan kamu. Dimana pada saat kamu mendengarkan musik baru, kamu akan belajar untuk menikmati sesuatu yang baru dan membentuk cara berpikir yang baru.

Biasanya saat mendengarkan musik baru, otak membuat pola baru berupa struktur kecil dalam memori, hal ini dipengaruhi alunan nada baru yang terdengar melaui telinga.

Apalagi bila kamu dapat menikmati tren musik baru, kamu mungkin dengan sendirinya akan menemukan ide ataupun kreativitas baru yang tadinya tidak pernah terpikirkan olehmu.


Untuk menjadi kreatif penting untuk dipelajari dan dikembangkan sesuai dengan kemampuan individu. Lingkungan kerja tak selamanya dapat tenang sesuai dengan kebiasaan kamu di rumah ataupun ruang pribadi kerja kamu.

Pilihlah cara agar kamu dapat bekerja dengan baik dan maksimal mungkin salah satunya dengan menggunakan musik pada tempat kerja.

Namun sebelum kelakuan mendengarkan musik ini kamu lakukan diruang kerja kamu ada baiknya bila kamu mengetahui terlebih dahulu peraturan yang berlaku, jangan sempat bos kamu menegurmu.

Sumber :
https://lifestyle.kompas.com
https://katanews.id