Bagaimana Cara Menguasai Mood Kamu

Image parts from Vecteezy




apcrit.com Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita mengalami  bagaimana emosi dapat mempengaruhi mood atau suasana hati kita.

Ketika kita sedang merasa senang, mood kita pasti bagus dan mood bagus ini akan mempengaruhi aktivitas kita secara positif, sehingga umumnya kita akan melaksanakan aktivitas kita dengan senang dan semangat.

Tetapi sebaliknya, ketika emosi kita sedang tidak baik, misalnya akibat berantem sama pacar, atau akibat ketemu dengan mantan yang sedang mesra-mesraan dengan pacar barunya misalnya, hehehe , akan mempengaruhi mood atau suasana hati kita juga, tetapi secara negatif.

Sebagai contoh akibatnya, ketika kita sedang merasa cemas akan sulit untuk menghasilkan ide-ide bagus.

Ketika sedang frustasi, kita akan kehilangan motivasi, yang akhirnya akan menjadikan kita bermalas-malasan di tempat tidur tanpa berbuat apa-apa.

Atau, ketika kita sedang marah terhadap seseorang secara tidak sadar kita juga akan memperlakukan orang lain secara sama, yaitu marah. Begitulah emosi mempengaruhi mood atau suasana hati kita, yang kemudian mempengaruhi perilaku kita juga.

Semua terjadi begitu saja diluar kemauan kita. Dan biasanya juga kita kurang awas atau peduli bagaimana mood atau suasana hati ini mempengaruhi perilaku kita, dikarenakan pengaruhnya hanya berlangsung dalam waktu singkat saja.

Moody Istilah “moody” yaitu suatu sifat yang dimiliki oleh seseorang, yang mana orang tersebut sering berganti-ganti suasana hatinya, kadang tanpa suatu penyebab yang jelas dan dalam waktu yang relatif singkat. Akan menjadi kerugian buat brosis bila brosis dicap seorang yang “moody”.

Kenapa? Pertama, akan mengganggu terhadap produktifitas brosis sendiri. Seperti yang disebutkan di atas, apabila mood sedang tidak baik, ide-ide baik akan susah dihasilkan, pun juga semangat kerja akan menurun. Kedua, masalah dalam sosialisi.

Karena sifat “moody” ini teman-teman brosis cenderung akan menghindar, karena suasana hati brosis yang bisa cepat berubah tersebut. Sifat seperti itu tidak akan membuat teman-teman brosis merasa nyaman berada dekat dengan brosis.

Trus, bagaimana menyikapinya? Mari kita bahas lebih lanjut.



Langkah pertama, bersikap dewasa.

Karena semua adalah bersumber dari emosi, baiknya kita coba mencari solusi dari sumbernya dahulu. Sudah seharusnya dan selayaknya pertambahan umur kita juga mencerminkan kemampuan kita dalam menghadapi emosi.

Baik itu senang atau sedih, kita harus respon secara dewasa. Saat senang tidak sampai euphoria berlebihan, saat marah tidak sampai meledak, dan saat sedih tidak sampai terpuruk. Dengan kedewasaan bersikap dan berfikir, kita akan dapat melakukannya.

Langkah kedua, dalam keseharian brosis beri tanda 3 hal berikut:

  1. Emosi brosis hari ini secara umum
  2. Peristiwa hari ini
  3. Hubungan antara emosi brosis dengan peristiwa yang terjadi

Brosis beri tanda dan catat dalam buku harian brosis tiga hal ini, untuk kemudian dapat diperbandingkan dari hari ke hari.

Bagaimana Cara Menguasai Mood Kamu

Sumber: Lifehack

 

Gambar di atas menunjukkan keadaan umum, dimana terlihat bagaimana pengaruh emosi seseorang terhadap fluktuasi mood “baik” dan mood “buruk”. Terlihat fluktuasi atau perbedaannya cukup jauh, artinya mood brosis naik turun. Ini yang dsebut dengan “moody” tadi.

Setelah brosis sudah terbiasa melakukannya dalam beberapa hari brosis akan dapat melihat dan menyadari bagaimana hubungan atau korelasi peristiwa hari tertentu dengan mood brosis pada hari tersebut.

Mungkin brosis akan melihat bagaimana senyuman dari gebetan menaikkan mood brosis atau sebaliknya bagaimana brosis menjadi bete seharian gara-gara teman brosis merusak earphone kesayangan brosis. Lakukan hal ini untuk beberapa hari ke depan, supaya brosis semakin terbiasa untuk menganalisa hidup brosis sehari-hari.

 

Langkah ketiga, bersikap positif setiap saat. Analisa saja tentunya tidak cukup. Harus ditindak-lanjuti dengan perbuatan bukan? Dengan melakukan analisa-analisa sederhana tersebut, yang diharapkan brosis dapat mengenal diri brosis sendiri, kelebihan dan kekurangannya, dan akhirnya akan dapat memacu brosis untuk selalu bersikap dewasa dan berpikir positif dalam keseharian brosis. Terutama dalam menghadapi situasi atau kondisi yang dapat mempengaruhi kondisi emosi brosis.

Bagaimana Cara Menguasai Mood Kamu

Sumber: Lifehack

Dari gambar bisa kita lihat bahwa mood “baik” dan mood “buruk” masih ada, dan akan selalu ada. Karena namanya hidup peristiwa senang dan susah akan selalu datang silih berganti. Akan tetapi yang diharapkan adalah adanya perkembangan, dimana selisihnya sudah tidak terlalu jauh lagi.

Artinya, brosis sudah lebih dapat mengatur dan menguasai mood brosis dengan bersikap dewasa dan positif tadi. Tidak bilang orang “moody” lagi…hehehe.

Dalam hidup permasalahan atau kesusahan akan selalu datang silih berganti, tapi dengan cara ini diharapkan akan membantu brosis untuk dapat merasa senang dan bahagia sesering mungkin, Seperti artikel Apakah Kita Bisa Merasa Bahagia Selamanya? yang pernah kita bahas sebelumnya. Sikap positif yang brosis tanamkan tadi akan sangat membantu brosis dalam mewujudkannya.

Contohnya saat gebetan brosis membatalkan janji untuk nonton, brosis sudah dapat menyikapinya dengan melakukan aktivitas lain yang positif, membersihkan kendaraan kesayangan misalnya. Jadi tidak bete lagi deh…hehehe.

Upaya untuk menguasai mood ini adalah salah satu cara untuk bisa selalu merasa bahagia dan juga merupakan salah satu konsep pengembangan diri untuk menjadi lebih baik. Semoga artikel ini berguna buat brosis.

Kalau brosis suka artikel ini, jangan lupa untuk untuk membagikannya dengan orang lain  atau sekedar like . Komentarnya juga ditunggu ya brosis. Regards, and always be happy 🙂

Sumber:
Lifehack.org