Sekilas Tentang Psikotes dan Contoh Soal Psikotes



Bagi brosis yang mengalami kegagalan dalam tes psikotes ini, tidak perlu berkecil hati. Tes psikotes tidak bertujuan untuk memilah antara kandidat yang pintar dan yang kurang pintar, akan tetapi lebih pada cocok atau tidaknya seorang individu terhadap suatu tugas atau tanggung jawab.

Jadi kalau brosis mengalami kegagalan, bisa di artikan belum cocok dengan penugasan atau tanggung jawab yang ditawarkan. Positifnya lagi, tes psikotes ini dapat kita gunakan sebagai momen untuk pengenalan diri kita masing-masing.

Dengan mengenali diri, kita bisa mengukur dan meningkatkan kemampuan demikian juga melakukan perbaikan atas sikap atau kebiasaan kita yang masih kurang layak.

Akan tetapi walau test psikotes ini lebih mengedepankan aspek kepribadian dan kejiwaaan dari calon karyawan/pekerja, tidak menjadikannya menjadi sesuatu yang tidak perlu untuk dipersiapkan.

Persiapan psikologis dan teknis juga tetap diperlukan. Sebelum menjalani test psikotes, brosis diharapkan terlebih dahulu mencapai ketenangan dan konsentrasi. Persiapkan terlebih dahulu diri brosis, dari hal-hal non teknis sampai dengan hal-hal teknis. Mencari tahu terlebih dahulu tempat test adalah sangat penting, sehingga bisa hadir tepat waktu.

Istirahat yang cukup sebelum menjalani test psikotes sehingga pikiran lebih jernih dan tidak gampang menjadi stres. Sebelum berangkat untuk test, baiknya mengisi perut dulu, supaya brosis memiliki tenaga. Psikotest menyita energi, pikiran dan konsentrasi, tidak akan didapat dari perut yang kosong dan keroncongan.

Sebelum berangkat baiknya meminta ijin dan restu dari orang tua dan jangan lupa berdoa, supaya brosis dapat kekuatan lebih.

Untuk persiapan teknis, dapat dilakukan dengan mencari dan mengerjakan contoh-contoh soal tentang psikotest. Soal-soal dalam test psiokotes umumnya terdiri dari beberapa jenis, baik yang berkaitan dengan angka (numeric)maupun yang berkaitan dengan kata (verbal).

Sebaiknya terlebih dahulu brosis harus mengenal dan mempelajari jenis-jenis soal dalam psikotes, lebih bagus lagi apabila bisa membiasakan diri dengan soal-soal tersebut.

Sehingga dalam ujian nanti brosis bisa menekan rasa panik atau stres, tetap tenang berpikir dan konsentrasi. Berikut ini contoh test psikotes yang dapat brosis pelajari terlebih dahulu.

Download Contoh soal psikotest

Akhir kata, apapun hasil dari test yang brosis sudah atau akan jalani nanti, harus menjadi momen evaluasi bagi brosis. Kalau berhasil jangan cepat berpuas diri, kalaupun gagal jangan langsung putus asa.

Kesempatan akan selalu ada, demikian juga dengan koreksi diri, harus senantiasa dilakukan, demi pertumbuhan dan perkembangan kepribadian kita dan khususnya untuk mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan.

Untuk brosis yang berdomisili di kota Medan yang mencari pekerjaan bisa mengunjungi website :

Lowongan Kerja Medan Terbaru