Pulih dan berfungsi kembali, Transplantasi Organ Seks Pertama Terhadap Veteran Perang




apcrit.comSebuah operasi transplantasi yang menakjubkan baru-baru ini dilaksanakan di Rumah Sakit John Hopkins, Baltimore, Amerika Serikat. Bagaimana tidak, karena yang ditransplantasi adalah bagian penis utuh, skrotum dan sebagian dari dinding perut.

Penerima transplantasi adalah seorang pria muda, veteran perang, yang mengalami luka berat dan cacat akibat ledakan bom saat bertugas di medan perang. Organ yang ditransplantasi tersebut berasal dari donor yang sudah meninggal, dan nantinya diharapkan organ tersebut bisa berfungsi mendekati normal.

Pembedahan ini dianggap sebagai transplantasi penis yang paling kompleks yang pernah dilakukan, menghabiskan waktu 14 jam dan dilakukan oleh tim medis dari Rumah Sakit John Hopkins.

Tim medis medis ini sendiri sebelumnya sudah berlatih terlebih dahulu selama bertahun-tahun untuk mempersiapkan operasi pembedahan ini. Sebelumnya transplantasi sejenis pernah dilakukan di Afrika Selatan tahun 2014 dan di Rumah Sakit Massachusetts tahun 2016, akan tetapi operasi transplantasi kali ini adalah yang pertama sekali dilakukan terhadap veteran perang .

Sang Pasien, hanyalah salah satu dari banyak tentara yang hidupnya hancur dalam hitungan detik, ketika mereka menginjak ranjau di Irak atau Afghanistan. Akibat insiden yang dialaminya, dia kehilangan kedua kaki di atas lutut, akan tetapi kerusakan pada alat kelaminlah yang lebih membuat pasien menderita.



“Akibat cedera itu, saya merasa seperti terbuang dari pergaulan,” katanya dalam sebuah wawancara. “Kejadiannya rasanya singkat, seperti itu saja, selesai, akan tetapi akibatnya anda menjadi sendiri selama sisa hidup anda. Saya bahkan berjuang dalam waktu yang lama hanya untuk meyakini bahwa saya masih tetap seorang pria.” Tapi sekarang, empat minggu setelah operasi, dia berkata, “Saya merasa utuh lagi.”

 

Bersambung ke halaman 2