10 hal yang jangan dilakukan selama di dalam pesawat terbang




apcrit.com Bepergian adalah hal yang sangat melelahkan, apalagi jika menggunakan pesawat terbang. Mulai dari rumah ke bandara sampai tujuan akhir perjalanan kamu. Jadi jangan menambah penyakit disaat jadwal bepergian. Berikut adalah 10 hal yang jangan dilakukan selama di dalam pesawat terbang.

1. Berjalan dengan kaki telanjang

10 hal yang jangan dilakukan selama di dalam pesawat terbang
Lantai karpet pesawat terbang banyak kuman, karena sudah dilintasi oleh ribuan penumpang dengan alas kaki yang mungkin sudah membawa kuman-kuman dari luar pesawat ataupun terikut dari toilet pesawat.
Jadi berjalan dengan kaki telanjang jangan kamu lakukan ketika di dalam pesawat terbang, selain kuman kemungkinan ada pecahan gelas juga.

2. Hindari es batu pada minuman

10 hal yang jangan dilakukan selama di dalam pesawat terbang
Penelitian EPA (Environmental Protection Agency) pada tahun 2004, hanya 15% dari 327 pesawat yang lulus uji tes kesehatan persediaan airnya. Sejak saat itu pesawat tidak mengambil air minum dari keran yang di dalam pesawat, tetapi dari es batu, yang kemungkinan dari sumber air yang sama. Tangki air di pesawat sudah tua, dan sudah dilakukan pengetesan bahwa ada bakteri di dalamnya.
Untuk minum, mintalah air minum dalam kemasan.



3. Jangan hanya duduk sepanjang perjalanan

10 hal yang jangan dilakukan selama di dalam pesawat terbang
Di dalam pesawat kamu beresiko mengalami penggumpalan darah atau DVT (deep vein thrombosis). Cobalah untuk berdiri sesekali atau berjalan untuk mencegahnya, jangan lupa pakai sepatu kamu ketika hendak berjalan sejenak.
Agar perjalanan lebih nyaman, gunakan pakaian yang longgar selama dalam pesawat.
Jika perjalanan kamu jauh, cobalah sesekali menggerakan kaki kamu paling tidak satu kali satu jam.

 

4. Jangan menutup ventilasi AC yang diatas kamu

10 hal yang jangan dilakukan selama di dalam pesawat terbang

By Daniel Schwen [CC BY-SA 4.0 (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)], from Wikimedia Commons

Jika kamu merasa sangat kedinginan, cobalah mengecilkan AC yang diatas kamu, jangan ditutup rapat. Dokter menyarankan agar pengaturan AC pada level menengah atau kencang, agar kuman terbawa angin dan mengurangi kuman yang hendak masuk ke dalam tubuh kamu.

5. Jangan memakan makanan yang jatuh pada meja nampan

10 hal yang jangan dilakukan selama di dalam pesawat terbangBy Hajime NAKANO [CC BY 2.0 (https://creativecommons.org/licenses/by/2.0)], via Wikimedia Commons

Meja nampan tersebut tidak dibersihkan sebelum penerbangan selanjutnya, jadi kalau kamu tidak membawa cairan anti kuman atau alas nampan, biarkan makanan tersebut dibuang. Daripada jadi penyakit, lupakan istilah “belum lima menit”

6. Jangan menggunakan selimut
Jangan menggunakan selimut atau bantal yang tidak terbungkus plastik ketika diberikan di dalam pesawat.
Karena jika tidak terbungkus plastik, kemungkinan besar selimut atau bantal tersebut belum dibersihkan sebelum penerbangan berikutnya.

7. Pilihlah minuman selain kopi atau teh

10 hal yang jangan dilakukan selama di dalam pesawat terbang
Tentunya kamu tidak mau meminum air yang kemungkinan dari keran air yang di dalam pesawat (poin 2), meskipun sudah direbus terlebih dahulu.
Selain itu, minuman yang mengandung kafein tidak cocok dalam penerbangan karana akan membuat kamu dehidrasi.
Memang tidak masalah untuk meminum minuman yang mengandung kafein, sebaiknya ditambah dengan minum air putih, mintalah air putih dalam kemasan dari pramugari.

8. Jangan menyentuh flush pada toilet

10 hal yang jangan dilakukan selama di dalam pesawat terbang
Seperti ruangan publik lain di pesawat, toilet juga tempat kuman bersembunyi.
Untuk melindungi kamu dari kuman, cuci tangan terlebih dahulu, keringkan tangan dengan tisu dan gunakan tisu tersebut untuk menekan tombol flush.

9. Jangan tidur dengan bersandar pada jendela

10 hal yang jangan dilakukan selama di dalam pesawat terbang
Kamu bukan satu-satunya orang yang bersandar, penumpang sebelumnya juga bersandar pada jendela tersebut.
Siapa yang tahu sudah berapa orang yang sudah bersin dan batuk pada jendela tersebut?
Kalau tetap mau tidur menghadap jendela, terlebih dahulu gunakan tisu basah yang mengandung antiseptik untuk membersihkan jendela tersebut.

10. Jangan tidur sebelum mulai terbang.

Jika kamu tidur sebelum terbang, akan sangat sulit untuk menyamakan tekanan udara pada telinga kamu. Jadi apabila setelah itu kepala kamu sakit, cobalah dengan cara menutup atau memencet hidung kamu sambil menekan udara sampai keluar bunyi dari telinga kamu.

Sumber : Reader Digest