Tips Mudik Biar Asik



apcrit.com Mudik atau pulang kampung sudah menjadi kebiasaan setiap tahun bagi sebagian besar masyarakat kita.

Sebenarnya, tradisi mudik ini bukan hanya kebiasaan masyarakat kita saja. Masyarakat di Amerika Serikat, China, India, Pakistan, Bangladesh, Malaysia dan beberapa negara lain juga mengenal tradisi mudik ini.

Momennya berbeda-beda, akan tetapi umumnya dilakukan pada saat hari raya keagamaan terbesar. Di Indonesia arus mudik terbesar terjadi pada saat hari raya Idul Fitri.

Ada kenikmatan tersendiri dalam melakukan mudik, walaupun mudik sering identik dengan perjalanan panjang yang melelahkan menuju kampung halaman.

Rasa lelah itu akan terbayarakan ketika kita sudah bertemu dengan dengan orang tua, sanak saudara, teman-teman sekolah atau sepermainan.

Supaya mudiknya tambah asik, berikut beberapa tips yang dapat kita ikuti.

1. Persiapkan dana

Tips Mudik Biar Asik
Tantangan dalam mudik, selain identik dengan rasa lelah di perjalanan, juga identik dengan biaya. Perjalanan menuju dan dari kampung, dan juga selama di kampung, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 3

Tiket perjalanan, oleh-oleh dan biaya selama di kampung biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ada baiknya dari jauh-jauh hari kita sudah mempersiapkan dana untuk mudik terlebih dahulu.

Memang biasanya ada THR (Tunjangan Hari Raya) dari tempat kita kerja, akan tetapi jangan lupa, setelah masa liburan kita akan kembali ke seharian kita. Terutama bagi keluarga yang sudah memiliki anak, biaya mudik ini akan lebih besar lagi.



2. Persiapkan tiket

Tips Mudik Biar Asik
Mendekati hari libur atau hari-hari besar keagamaan, harga tiket perjalanan biasanya lebih mahal dari biasanya. Untuk tiket pesawat malah bisa beberapa kali lipat dari harga normal. Ini sebenarnya bisa disiasati dengan membeli tiket perjalanan jauh-jauh hari.

Persiapkan lah tiket perjalanan mudik anda, pergi dan pulang, jauh-jauh hari sebelumnya.

Untuk yang mudik menggunakan kendaraan sendiri, baiknya memastikan bahwa kendaraan anda sehat dan layak untuk digunakan. Persiapkan juga biaya bahan bakar selama perjalanan pulang dan pergi, dan selama di kampung.

 

3. Persiapkan barang-barang kebutuhan selama mudik

Tips Mudik Biar Asik
Hari raya juga identik dengan baju baru, baju baru buat kita maupun anggota keluarga. Mudik sendiri identik dengan oleh-oleh, buat orang tua dan keluarga besar atau teman-teman di kampung. Ini juga butuh biaya yang tidak sedikit.

Akan tetapi, seperti halnya biaya tiket perjalanan tadi, bisa disiasati dengan membelinya jauh-jauh hari. Terkait barang-barang bawaan selama mudik, baiknya juga disesuaikan dengan kebutuhan, yang tidak terlalu penting baiknya tidak usah dibawa.

Barang bawaan yang terlalu banyak bisa memberikan kerepotan tersendiri. Untuk kebutuhan selama perjalanan mudik baiknya mempersiapkan stok minuman dan makanan kecil.

Untuk yang membawa anak kecil, perhatikan juga kebutuhan mereka. Termos untuk air panas dan stok pampers sangat dianjurkan.

Bersambung ke halaman 2