Tips Persiapan Mudik Lebaran Versi Cak Lontong



Baiklah coba kita cerna tips persiapan mudik lebaran versi Cak Lontong yang harus kamu lakukan:

1. Pastikan rumah dalam keadaan terkunci

Tips Persiapan Mudik Lebaran Versi Cak Lontong
Sebelum berangkat kamu harus pastikan rumah dalam keadaan terkunci dan anggota keluarga yang mau ikut jangan sampai ada tertinggal, jangan sampai seperti film home alone yahhh……

 

2. Gunakan alat pengaman tambahan di rumah

Tips Persiapan Mudik Lebaran Versi Cak Lontong
Agar rumah kamu terlindungi dari bahaya kemalingan ngak ada salahnya kamu gunakan gembok tambah dan bila perlu gunakan cctv atau alarm rumah. Paling tidak bila ada yang berniat buruk dia tidak mudah untuk masuk ke dalam rumah.

 

3. Pilih dan belilah tiket transport yang efisien

Tips Persiapan Mudik Lebaran Versi Cak Lontong
Bila kamu berangkat menggunakan transportasi umum ada baiknya sebelum berangkat belilah tiket transportasi yang kamu pilih agar terjadwal tujuan dan waktu keberangkataya. Agar perjalananmu tidak terhambat, sebelum masuk ke dalam transportasi, perlu kamu pastikan waktu dan tujuan transport supaya jangan nyasar, seharusnya mau ke Semarang lah….. malah salah jadi masuk tujuan ke Jogja.

 

4. Sesuaikan bus dengan tujuan anda

Tips Persiapan Mudik Lebaran Versi Cak Lontong
Perhatikan pilihan bus sesuai dengan tujuan mu jangan sampai kamu salah arah, sehingga terpaksa harus turun ditengah jalan, kan repot…. apa lagi kalau bus tersebut telah sampai tujuannya ke arah yang berbeda uhhhh….. ngak jadi nyampai kampung halaman dengan tepat waktu…..

 

5. Jangan menerima pemberian makanan dan minuman dari orang asing


Nah ini perlu diperhatikan, sebab beberapa waktu yang lalu modus jambret memberikan makanan dan minuman kepada pada pemudik. Sehingga kamu akan tertidur selama diperjalanan dan si pencuri akan mudah berreaksi mengambil semua barang berhargamu. Kadang malah ada yang bisa menghipnotis korbannya sehingga malah menyerahkan barang berharga miliknya.

 

6. Bawalah barang yang diperlukan

Tips Persiapan Mudik Lebaran Versi Cak Lontong
Bawalah barang keperluanmu selama diperjalanan ataupun yang akan kamu gunakan selama mudik. Apabila kamu mau membahagiakan keluarga dikampung halaman dengan memberikan perabot atau keperluan rumah, ada baiknya kamu beli di tempat tujuan saja, ataupun jika harus kamu bawa dari perantauan, lebih baik menggunakan jasa pengangkutan barang.

 

7. Jangan banyak membawa koper pakaian

Tips Persiapan Mudik Lebaran Versi Cak Lontong
Agar kamu tidak kewalahan dalam membawa koper…. ada baiknya bawalah pakaian secukupnya jangan melebihi kekuatanmu untuk membawanya karna kamu akan kewalahan membawanya. Satu tas ransel dan dua koper paling maksimal yang dapat kamu bawa berjalan, itu pun jangan gunakan koper ukuran terlalu besar.

 

8. Beri kabar ke kampung halaman bahwa kamu akan mudik

Tips Persiapan Mudik Lebaran Versi Cak Lontong
Nah… yang satu ini sangat penting karna bila kamu tidak mengabari bahwa akan mudik lebaran. Jangan salahkan kampung halaman mu bila orang tua/kakek/saudara yang ingin kamu temui tidak ada di rumah, sehingga kamu merasa bukannya pulang kampung halaman eh… malah merasa sendiri di kampung halaman.

Ha… ha… ha… itulah tadi tips persiapan mudik lebaran versi Cak Lontong walaupun penyampaiannya dengan bahasa kocak tetapi pesan positif yang dia sampain berhasil membuat kita tertawa dalam kesetresan yang kita alami saat mau mempersiapkan mudik lebaran.

Tetaplah berhati hati dalam perjalanan, persiapkan yang matang, jangan sampai ada yang tertingal dan jangan lupa berdoa agar selama diperjalanan baik baik saja.

Terpenting bila ada sesuatu hal yang aneh cobalah kamu….. ‘mikir…….’ celoteh Cak Lontong………

(Sumber: pinterest.com/Purrwanegara Mina)