Traveling ala Backpacker




apcrit.com Buat kamu kaum muda yang sering traveling, musim libur akan segera datang, sudahkah kamu mempersiapkan liburan kamu kali ini mau kemana? Jangan sampai hari libur tiba kamu belum dapat merencanakan apa yang akan dilakukan. Bila kamu berencana mengunjungi tempat wisata dalam negeri maupun internasional, ada baiknya kamu mempersiapkan segala sesuatu halnya dengan baik dan terperinci. Apakah sebagai traveling ala backpacker ataupun sebagai ala turis. Agar kamu memahami kedua istilah ini ada baiknya bila kita bahas satu persatu defenisi dari kedua istilah tersebut.

Turis berasal dari bahasa Ingris yaitu tourist artinya orang yang pergi ketempat wisata, bisa saja bepergian sendiri ataupun kelompok yang menjadi peserta tur menuju perjalanan tertentu. Sedangkan backpacker berasal dari bahasa Inggris yaitu dengan kata dasar backpack artinya tas gendong atau akrab disebut tas ransel. Biasanya istilah ini akrab dengan tas bawaan para turis ketika traveling, namun istilah backpack itu hanya untuk tas bawaannya sedangkan orangnya yang bawa tas tersebut di sebut backpacker.

Backpacker dapat diartikan sebagai satu cara dalam melakukan perjalanan independent atau tidak seperti kelompok tur, bawa keperluan seperlunya, bersifat mendidik dan berwisata dengan cara serta biaya murah. Untuk kali ini kita akan membahas mengenai traveling ala backpacker.
Ketika kamu traveling ala backpacker, agar efisien kamu memerlukan tas ransel yang dipenuhi dengan perlengkapan seperlunya sesuai dengan kebutuhan di perjalanan. Traveling ala backpacker selalu memilih kegiatan traveling dengan dana kecil tetapi kepuasan yang maksimal, transport dipilih dengan dana yang murah, tempat istirahat yang penting bisa tidur nyenyak, tidak dibatasi dengan jadwal tour yang telah direncanakan, makanan yang sesuai dengan porsi kenyamanan, dan berkunjung ketempat baru dengan tujuan memperhatikan nilai edukasi daerah tempat tujuan.

Adapun perlengkapan yang harus dibawa yaitu jaket sesuai iklim yang dituju, baju atau kaos berbahan ringan dan mudah menyerap keringat, celana hiking/santai, pakaian dalam, peralatan mandi, peralatan kosmetik, sandal jepit, jas hujan/payung, sleeping bag, senter, alat tulis, botol minum, obat-obatan, pisau serbaguna, power bank, kantung plastik berukuran besar, tissu, mukena, kamera sebagai alat dokumentasi, tas anti air, telepon/gps, adapter universal dan yang lainnya sesuai dengan tempat yang anda tuju.

Persiapan perlengkapan yang matang akan mempengaruhi traveling ala backpacker kamu, karna daerah tujuan kamu belum tentu dapat menyiapkan kebutuhanmu seperti biasanya.



Nah, kamu tertarik dengan traveling ala backpacker? Maka sudah saatnya kamu rencanakan mulai sekarang, selagi waktu libur belum tiba. Adapun perencanaan yang perlu kamu lakaukan antara lain.
1. Tentukan tempat tujuan

Traveling ala Backpacker
Sebagai traveling ala backpacker, kamu harus menentukan tempat tujuan kamu, agar kamu dapat menyimpulkan keinginan, pendanaan, rute yang akan kamu tuju.

2. Tentukan keinginan kamu memilih tempat tujuan

Traveling ala Backpacker
Setelah kamu menentukan daerah mana yang ingin kamu kunjungi, kamu harus memiliki target berikutnya, yaitu kamu mau ngapain ketempat tujuanmu, coba tentukan keinginan kamu.

3. Kumpulkan informasi tempat tujuan

Traveling ala Backpacker
Agar kamu dapat menikmati tempat tujuan yang sudah kamu rencanakan, ada baiknya kamu juga mengetahui kondisi cuaca, agar tau mempersiapkan peralatan keperluan kamu. Kondisi budayanya gimana agar kamu dapat menjaga attitude kamu. Perekonomian daerah yang kamu tuju agar kamu tau mempersiapkan dana yang dibutuhkan. Dan tak kalah perlunya kamu mengetahui kondisi politik di daerah tujuan agar dapat melihat apakah kamu cocok mengunjungi daerah tersebut sebab ada kalanya daerah tersebut kondisi politiknya lagi tidak baik.

4. Perhatikan persyaratan administratif tempat tujuan kamu

Traveling ala Backpacker
Setelah itu kamu harus mempersiapkan dokumen persyaratan administrasi tempat tujuan kamu. Sebab bila kamu memilih tempat luar negri, kamu berarti harus mempersiapkan paspor, visa bila diperlukan, surat ijin lainnya, asuransi diperlukan atau tidak ataupun lainya yang dibutuhkan oleh tempat tujuanmu.

5. Pilih transportasi dengan biaya ringan

Traveling ala Backpacker
Pemilihan jadwal tranportasi ataupun jenis transportasi akan mempengaruhi jumlah pengeluaran kamu, ada baiknya kamu lakukan survei baik melalui internet ataupun literatur lainnya. Kamu harus sudah mengetahui atau merencanakan transportasi setiap tempat tujuan yang ingin dikunjungi.

6. Pilih akomodasi dengan biaya ringan

Traveling ala Backpacker

Memilih tempat penginapan kamu juga harus mengetahui kelayakannya, jarak lokasi perbelanjaan atau tempat wisata yang menjadi target, sehingga kamu dapat menentukan ketersediaan transportasi, jaringan telekomunikasinya ataupun yang sesuai dengan keinginan kamu.

7. Sesuaikan dengan kemampuan finansial kamu

Traveling ala Backpacker
Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah finansial kamu. Traveling-lah sesuai dengan kemampuan mu. Memulai dari pesanan tiket, memilih penginapan, berapa lama kamu ingin berlibur dsana, dan jangan terlalu banyak membeli belanjaan/oleh oleh. Jangan sampai kamu membeli lebih dari kemampuan yang dapat kamu bawa ataupun kemampuan finansial kamu.

Itulah sedikit penjelasan mengenai traveling ala backpacker, dimana kamu harus mandiri, merencanakan kegiatan kamu sendiri, jangan terlalu berharap untuk memilih hotel yang mewah dengan fasilitas yang memuaskan. Aturlah sesuai kemampuan mu dan jangan sampai melupakan sikap beradaptasi dengan lingkungan yang kamu tuju. Karena biasanya lain lubuk lain ikannya, lain daerah lain budayanya. Selamat mempersiapkan hari liburmu. Jadilah seseorang petualang.