21 Keuntungan Memiliki Hewan peliharaan




apcrit.com Memiliki hewan peliharaan tentunya asik dan menarik bagi sebagian orang. Tapi bagi sebagian orang lagi hewan peliharaan hanya membuang waktu, tenaga dan uang saja. Padahal seperti yang sebelumnya kita bahas di artikel Memiliki Hewan Peliharaan Untuk Mengurangi Depresi banyak keuntungan psikologis yang kamu dapat dari hewan peliharaan. Akan tetapi ternyata bukan hanya keuntungan psikologis saja yang bisa didapat dari hewan peliharaan. Ada manfaat fisiologis dan pembangunan mental yang didapat dari hewan peliharaan. Mari kita bahsa satu-persatu:

1. Menurunkan stres
Saat kamu melakukan aktifitas menyenangkan bersama hewan peliharaan, tubuh kamu akan dapat meningkatkan kadar hormon dopatin dan serotin yang menimbulkan rasa bahagia dan senang.

2. Memudahkan jantung beradaptasi
Perasaan bahagia akan timbul saat kamu memelihara hewan peliharaan, sehingga berpengaruh bagi kamu yang memiliki sakit jantung. Disebabkan rasa bahagia sebagai hasil interaksi dengan hewan peliharaan, mendorong kinerja jantung kamu untuk dapat beradaptasi menjadi lebih baik, lebih sehat dan akhirnya lebih rileks. Akibatnya jantung kamu akan menjadi lebih sehat.

3. Mengurangi kecemasan
Bulu halus pada hewan peliharaan seperti anjing, kucing ataupun kelinci, akan memberi rasa nyaman dan tenang kepada kamu saat berinteraksi dengan mereka. Hal ini dapat menurunkan rasa panik atau kecemasan yang mungkin sedang kamu alami.

4. Melatih tanggung jawab
Dengan memiliki hewan peliharaan maka kamu akan dituntut untuk memiliki rasa tanggung jawab dalam untuk merawatnya. Tidaklah mungkin hewan peliharaan yang kamu sayangi tidak kamu beri makan sesuai dengan waktunya, membawa mereka jalan-jalan, memperhatikan kebersihan mereka ataupun membagi waktu untuk bermain dengan mereka. Hal ini akan melatih rasa tanggung jawab kamu.

5. Memperbaiki mood
Dengan memiliki hewan peliharaan maka kamu akan memiliki teman bermain yang setia. Kewajiban untuk selalu memperhatikan kondisi hewan peliharaan kamu supaya terawat dan selalu dengan kondisi yang baik akan menjadi kebiasaan dalam keseharian kamu. Kebiasaan ini dapat menjaga atau memperbaiki mood / suasana hati kamu.

Bersambung ke halaman 2