Apa itu desain grafis dan bagaimana Menjadi Desainer Grafis Sukses

Image from : deviantart.com – foxtanitim




apcrit.comHello sobat apcrit….. apa kabarnya semoga tetap sehat dan berbahagia dengan aktifitasnya yah… kali ini kita akan membahas profesi mengenai desain grafis…. tentunya tidak asing bukan….. baiklah mari kita coba bahas mulai dari awal.

Desain grafis merupakan cabang ilmu seni rupa tidak akan pernah lepas dengan perkembangan sejarah seni rupa, namun tokoh pertama yang sangat berpengaruh di Inggris pada lingkup desain grafis adalah Henry Cole.

Melalui bukunya yang berjudul Journal of Design and Manufactures, ia dapat menyakinkan bahwa pentingnya sebuah desain, sampai akhirnya dia mengadakan pameran The Great Exhibition untuk lahirnya teknologi industri modern.

Namun istilah Desain Grafis mulai digunakan pada tahun 1922 dari situlah bermunculan tokoh tokoh lainnya seperti William Morris Kelmscott, William Addison Dwiggins, Edward Johnston, Jan Tschichold, Adrian Frutiger, Paul Rand, Ellen Lupton, Rudy VanderLans, Erik, Rick Poynor and Spiekermann.



Bila kita coba untuk bilah kedua kata desain grafis memiliki makna, kata desain adalah suatu proses, rancangan sesuatu yang ingin dikerjakan baik berupa visual ataupun tulisan.

Sedangkan grafis adalah visual yang tercipta berdasarkan titik dan garis dengan menggunakan media cetak tertentu. Jadi bila kita gabungkan istilah desain dan grafis memiliki makna yang lebih kompleks.

Desain grafis adalah suatu proses komunikasi visual yang memiliki kombinasi kompleks antara bentuk, gambar, aksara dan teknik cetak dimana ide tersebut digabungkan untuk satu persepsi komunikasi yang ingin disampaikan.

Walaupun desain grafis berhubungan dengan pekerjaan perencanaan komunikasi visual, namun dengan berkembangnya teknologi desain grafis pada saat ini maka seorang desainer grafis harus mampu menguasai ataupun memilih bidang yang sesuai dengan kemampuan dan keinginannya.

Namun yang jelas mereka harus memiliki wawasan seni, filsafat etika, sosial budaya, pengetahuan dan teknologi, tetapi ada faktor penting lainya yaitu kreatifitas. Hal ini sangat lah perlu dikuasai agar kamu dapat segera menyelesaikan projek desain yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Nah…. bagaimana pendapat kamu apakah kamu memiliki keinginan menjadi seorang desainer grafis? Bila iya berarti kamu perlu melakukan hal hal berikut ini:

1. Miliki latar belakang pendidikan desain grafis
2. Rajin membaca
3. Jadilah seorang kolektor
4. Pelajari bagaimana komunikasi yang baik
5. Lakukan beberapa latihan
6. Kenali dan Menangkan keinginan konsumen
7. Jangan muda lelah dengan refisi
8. Berdiskusilah dengan desainer lain
9. Kumpulkan portofolio mu
10. Miliki ciri khasmu
11. Jadilah teliti dan kreatif
12. Ikuti perkembangan baik teknologi maupun pengetahuan
13. Jangan berhenti belajar

Bersambung ke halaman 2 (Lapangan pekerjaan untuk desainer grafis)