Apa itu desain grafis dan bagaimana Menjadi Desainer Grafis Sukses




Namun bila kamu sudah dapat menguasai pengetahuan dan kemampuan desain grafis, dimanakah kamu akan menemukan pilihan pekerjaan? Berikut adalah lapangan pekerjaan seorang desainer grafis sesuai dengan tingkatan kemampuan:

1. Advertising Agency
Istilah ini sering juga disebut dengan biro iklan, biasanya pekerjaannya berkaitan dengan iklan. Dimana para desainer dituntut untuk menuangkan ide yang sesuai dengan keinginan konsumennya.

2. Packaging Design
Pekerjaan yang berhubungan dengan industri, dimana desainer bertugas untuk menciptakan kemasan 3 dimensi sesuai dengan kebutuhan produk.

3. Creative Studio
Studio kreatif dimana banyak desain ide produk yang dihasilkan, pekerjaannya lebih santai sesuai dengan orderan yang masuk. Terkadang banyak yang part time.

4. Branding Agency
Pekerjaan yang berhubungan dengan mendesain identitas suatu perusahaan agar dapat memasarkan perusahaan ataupun produk perusahaan tersebut.

5. Multimedia Developer
Pekerjaan desain grafis yang berhubungan dengan gerak, suara dan interaksi, biasanya menggunakan animator, ilustrator dan dapat menyesuaikan suara.

6. 3D Design dan Animation
Pekerjaan desain yang harus memiliki tingkat kemampuan komputer yang tinggi karna selalu berhubungan dengan komputer. Disini kemampuan program sangat dituntut, karena pekerjaannya menciptakan kreasi 3 dimensi yang pengaplikasiannya ke game dan animasi.

7. Web dan Mobile Design
Pekerjaan yang berhubungan dengan membuat suatu web, apa lagi saat ini tingkat kebutuhan manusia yang selalu menggunakan hp untuk komunikasi sehingga dibutuhkan juga suatu desain web yang mobile.

8. Percetakan
Pekerjaan yang berhubungan dengan cetakan dimana, biasanya tidak menerima orderan desain, karena mereka hanya khusus mencetak desain yang telah dibuat oleh desainer lain.

9. Media Massa
Media massa biasanya berhubungan dengan media cetak maupun media online. Jenis pekerjaanya biasanya memberikan informasi mengenai sesuatu hal seperti koran, majalah, stasiun televisi, ataupun media berita online.

10. Perusahaan Umum
Pekerjaan desainer grafis yang di tempatkan pada perusahaan umum seperti bank, asuransi, otomotif ataupun yang lainya. Biasanya mereka mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafisnya.

11. Penerbit
Pekerjaan desain grafis yang banyak berhubungan dengan teks dan layout. Kemampuan pemilihan font, desain cover sangat dibutuhkan dan penyusunan layout agar pembaca tidak bosan dengan bacaannya.

12. Photography
Biasanya keahlian ini dibutuhkan sebagai parttime sesuai dengan kebutuhan lingkup kerja desain. Seorang photografer sering melakukan pekerjaan doubel job asal dia mampu mengatasi pekerjaan yang diberikan kepadanya.


Temukan lowongan pekerjaan untuk desainer grafis pada tautan dibawah ini :

Lowongan pekerjaan desain grafis.


Baiklah sekarang coba kita bahas level bidang pekerjaan seorang desainer grafis sesuai dengan tingkatan kemampuan:

1. Asisten desainer grafis
Ini adalah level pertama yang akan kamu terima di bidang desain grafis, biasanya orang orang yang baru pertama kali terjun di dunia kerja.
Penghasilan berada di range Rp.1.800.000 – Rp.3.000.000 sesuai bidang pekerjaan

2. Desainer grafis
Kemampuan yang sudah biasa mendesain dimana sudah dapat mengerti dengan konsep dan projek yang sedang dikerjakan
Penghasilan berada di range Rp.3.000.000 – Rp.6.000.000 sesuai bidang pekerjaan

3. Senior desainer grafis
Pekerjaan nya bukan hanya mengetahui konsep dan penyelesaian projek. Tetapi harus memiliki kemampuan pengetahuan multi task agar dapat meramu kebutuhan seperti website, copy writing, strategi pemasaran, fotografi ataupun sosial media.
Penghasilan berada di range Rp.5.000.000 – Rp.8.000.000 sesuai bidang pekerjaan

4. Art Director
Memiliki kemampuan untuk memimpin team kreatif di setiap projek yang ditangani agar dapat diselesaikan dengan produksi yang rendah tapi hasil yang maksimal agar perusahaan yang mempekerjaan mendapat laba.
Penghasilan seorang art director tidak dapat dipastikan sebab setiap perusahaan memiliki nilai sendiri akan keahliannya.

Itulah tadi pengertian dan ruang lingkup desain grafis, bila kamu memiliki rencana menekuni pekerjaan ini, ada baiknya kamu mulai belajar dan menguasai kemampuan agar kamu dapat menentukan bidang desain grafis mana yang akan kamu pilih sesuai dengan keinginanmu.

Sumber:
www. id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
http://miss2design.blogspot.com/2018/01/berapa-gaji-graphic-designer.html