Bagi komunitas mobil, begini aturan main touring yang sebaiknya dipatuhi




apcrit.com Bagi kamu anggota komunitas mobil dan komunitas tersebut sering mengadakan  touring, sebaiknya agar mematuhi ketentuan berkendara dijalan umum, demi untuk kenyamanan diri sendiri juga untuk kenyamanan pengendara lain. Ada sedikit tips berkendara di jalan raya tanpa mengganggu pengguna jalan raya yang lain :

 

Buat Rute Dan Checkpoint.

Memberi tahu detail rute perjalanan kepada peserta konvoi sangat di anjurkan adar peserta mendapat gambaran keseluruhan tentang perjalanan. Detail rute ini harus di iringi dengan titik checkpoint hal ini diperlukan guna ada titik pasti tempat pemberhentian dan disesuaikan dengan jam jam misalnya untuk istirahat, makan, minum, sholat dan bila ada yg tertinggal atau terlalu cepat dapat menunggu di titik chekpoint yang belum terlewatkan. Maksimal perjalanan nonstop yaitu 10 km dan bila waktu istirahat hanya sebentar gunakan fasilitas pom bensin atau rumah makan.

Point-point yang harus di perhatikan.

Spieleland Bosch-Car-Service-Werkstattwelt 

Perhatikan kelengkapan kendaraan kamu, STNK, SIM yang masih berlaku, fisik kendaraan kamu, seperti sein riting kiri-kanan, lampu depan, lampu besar, lampu rem, rem dan klakson berfungsi dengan baik. Pahami rambu rambu lalulintas dengan benar, hindari berkendara ugal ugalan tetap sopan dan sabar agar tidak terpancing arogan. Hindari penggunaan klekson yang berlebihan serta penggunaan aksesoris yang mengganggu dan tidak dibenarkan pengemudi biasa seperti sirene ataupun strobo.

 



Bagi Dalam Kelompok.

Canadian Land Forces Mercedes-Benz G-Class

Konvoi yang banyak akan mengakibatkan kemacatan terutama di jalan jalan yang ramai, untuk menghindari hal tersebut maka bila peserta konvoi lebih dari 10 unit maka ada baiknya dibagi sesuai dengan nilai rata rata. Setiap kelompok kecil dipimpin ketua regu untuk menanggungjawabi regunya masing masing. Untuk pelepasan setiap regu diberi jedah sekitar 5-10 menit.


Komunikasi Radio.

US Navy 070305-N-2659P-061 Electronics Technician Seaman Cliff Bunnowsky checks power inputs for Ultra High Frequency (UHF) radios used for ship-to-ship and shore communications in the Ultra High Frequency radio room

Alat komunikasi sangat dianjurkan untuk seluruh peserta touring ataupun konvoi agar dapat saling terhubung dengan rekan rekan kamu semua. Perlu juga diperhatikan bahwa harus ada moderator agar komunikasi menggunakan radio dapat terjalin dengan baik. Bila ada yang ingin berkomunikasi harus izin terlebih dahulu. Namun apabila tidak semua memiliki radio komunikasi, paling tidak pimpinan kelompok (paling depan) dan sweeper (bagian belakang) harus memiliki alat komunikasi agar. Alat komunikasi radio yang sering digunakan berupa HT ataupun rig dan lain juga dapat dipersiapkan seperti HP bila sinyal radio jelek bisa enggunakan HP. Sangat disarankan agar co driver yang memegang alat komunikasi agar driver tidak terganggu.

 

Bersambung ke halaman 2