Bagi orang tua, perhatikan rating permainan video game yang dimainkan anak

Image parts from Vecteezy




apcrit.com Dunia anak selalu penuh dengan permainan. Ditambah dengan kemajuan teknologi yang membuat anak dapat dengan mudah mengakses permainan video game offline maupun online. Permainan video game ini dapat berdampak positif dan sebaliknya. Kebanyakan hasil adegan dari permainan video game tersebut ditiru oleh anak-anak, hal ini wajar karena pada masa usia 4-17 cenderung lebih cepat menyerap dan menirukan apa yang dilihatnya, dari lakon hingga kata-kata yang diucapkan oleh karakter permainan video game tersebut.

Untuk itu, sebagai orang tua wajib untuk mendampingi dan mengetahui kategori permainan video game agar mengurangi efek tidak langsung dari permainan video game yang berdampak buruk pada si anak. Saat membeli permainan video game, orang tua wajib melihat rating permainan video game yang biasanya terdapat pada cover kaset/DVD. Rating ini dibuat resmi oleh ESRB untuk membatasi konten yang terdapat pada permainan video game tersebut.

ESRB singkatan dari The Entertainment Software Rating Board, adalah organisasi non-profit yang berlokasi di Amerika Serikat dan Kanada yang bertugas untuk memberikan penilaian pada usia, kategori, periklanan dan promosi serta prinsip privasi online pada sebuah permainan video game.

ESRB dibentuk pada tahun 1994 oleh Entertainment Software Association sebelumnya bernama Interactive Digital Software Association yang didasari oleh adanya konten kekerasan dan konten yang tidak pantas untuk dilihat oleh usia tertentu. Seperti pada game Mortal Kombat yang menunjukkan adegan kekerasan dan darah, serta gerakan-gerakan mematikan yang dikhawatiran akan diperagakan oleh anak-anak.

Ada dua sistem rating yang dibuat oleh ESRB :

1. Rating Categories : untuk menentukan usia dari pemain.

2. Content Descriptor : menjelaskan konten-konten apa saja yang terdapat pada permainan video game tersebut, sehingga dapat dilakukan pembatasan usia pemain apabila konten dianggap tidak pantas.



Rating Categories

Kategori permainan video game dapat dilihat pada cover DVD ataupun dari situs ESRB sendiri, sebagai contoh kita akan mencari rating dari : Grand Theft Auto V.
Buka situs ESRB http://www.esrb.org, masukan contoh : Grand Theft Auto V pada kotak Search ESRB Ratings, kemudian klik search.

Rating video Game

Kemudian ESRB akan menampilkan rating dan deskripsi konten pada permainan game tersebut.

rating video game

Tentu sebagai orang tua kita wajib mengetahui apa kategori permainan video game yang dimainkan oleh anak kita. Untuk mengetahui rating permainan video game, berikut arti dari masing-masing logo tersebut.

EC atau Early Childhood

Rating video game
Yaitu rating yang diberikan pada video game yang kontennya ditujukan kepada anak usia 3 tahun keatas. Permainan yang sifatnya mendidik dan pembelajaran untuk anak kecil yang belum masuk sekolah dasar.

E atau Everyone

Rating video game
Yaitu rating yang diberikan pada permainan video game yang walaupun artinya Everyone atau semua kalangan umum, tetapi karena kontennya mengandung sedikit kekerasan dan kata-kata kasar sehingga pada tahun 1998, rating E ini diperuntukkan untuk anak 6 tahun keatas.

E10 atau Everyone ten and older

Rating video game
Yaitu rating yang diberikan pada permainan video games yang diperuntukkan untuk anak usia 10 tahun keatas. Permainan video games pada rating E10 ini lebih banyak mengandung kekerasan, lelucon kasar, kata-kata kasar dan ada sedikit pertumpahan darah.

T atau Teen

Rating video game
Yaitu rating yang diberikan pada permainan video game yang diperuntukkan untuk anak yang usianya sudah lebih dari 13 tahun. Dimana didalamnya terdapat banyak kekerasan termasuk sedikit pertumpahan darah, bahasa yang kasar, lelucon yang kasar, serta ada sedikit konten seksual.

M atau Mature

Rating Video Game
Yaitu rating yang diberikan pada permainan video game yang diperuntukkan pada remaja diatas 17 tahun, karena didalamnya terdapat konten adegan seksual, adegan kekerasan yang lebih banyak, penggunaan kata-kata kasar yang lebih banyak.

AO atau Adult Only

Rating Video Game
Yaitu rating yang diberikan pada permainan video game yang diperuntukkan pada remaja diatas 18 tahun, karena didalamnya terdapat tema dan adegan seksual yang sangat banyak, adegan dan yang gambar yang tanpa busana, judi dan menggambarkan kekerasan yang sangat ekstrem.

Content Descriptor :

Alcohol Reference – adanya referensi yang menampilkan minuman keras
Animated Blood – menampilkan visual darah yang tidak realistis dan tidak berwarna
Blood – menampilkan visual darah secara realistis
Blood and Gore – menampilkan visual darah dan adegan sadis memenggal, memutilasi
Cartoon Violence – aksi kekerasan dalam visual kartun
Comic Mischief – adegan lelucon yang kasar
Crude Humor – adegan lelucon vulgar
Drug Reference – adanya referensi yang menampilkan obat-obatan terlarang
Fantasy Violence – aksi kekerasan di alam atau dunia fantasi, memunculkan karakter non manusia
Intense Violence – aksi kekerasan yang intens yang menampilkan visual darah, mutilasi, senjata dan kematian
Language – adanya penggunaan bahasa yang tidak senonoh
Lyrics – adanya referensi yang menghadirkan lirik bahasa yang mengandung ketidaksenonohan, seksualitas, kekerasan, ataupun penggunaan obat-obatan terlarang dan minuman keras di sebuah musik
Mature Humor – adanya adegan lelucon yang melibatkan orang dewasa dan konten seksual
Nudity – menampilkan adegan tanpa busana
Partial Nudity – menampilkan adegan setengah dengan busana
Real Gambling – menampilkan adegan perjudian
Sexual Content – menampilkan adegan seks
Sexual Themes – adanya referensi ke konten seksual
Sexual Violence – menampilkan adegan kekerasan seksual
Simulated Gambling – menampilkan simulasi perjudian tidak nyata
Strong Sexual Content – menampilkan adegan seks yang intens dan frontal
Suggestive Themes – menampilkan tema yang provokatif
Tobacco Reference – menampilkan adegan merokok atau menggunakan produk tobako
Use of Alcohol – menampilkan adegan meminum minuman keras
Use of Drugs – menampilkan adegan menggunakan obat-obatan terlarang
Violence – menampilkan adegan kekerasan yang agresif
Violent References – adanya referensi terhadap aksi kekerasan

Jadi bagi orang tua yang selama ini tidak menyadari bahwa tidak semua permainan video game cocok untuk semua umur, agar dapat lebih mengawasi anak-anaknya dalam memilih permainan video game.