Desain Rumah Farm




apcrit.com Seorang desainer rumah akan selalu mengeksplor segala jenis model rumah sesuai dengan keinginan si pemilik rumah. Mengetahui keinginan pemilik rumah akan mudah untuk mengerjakan desain yang diinginkannya.

Bila ada seseorang yang tipe orangnya menyukai ketenangan, kenyamanan, hangat, dan pribadi yang romantis serta mampu membuat nyaman sekeluarganya, tidak ada salahnya kamu anjurkan gaya desain rumah farm.

Desain rumah farm atau sering disebut juga desain farmhouse adalah rumah atau bangunan yang tenang dan menyatu dengan alam serta berfungsi menjadi tempat tinggal utama dengan penerapan suasana pertanian atau pedesaan.

Awal perkembangannya desain rumah farm berdasarkan kebutuhan sifatnya geografis dimana masyarakat akrab dengan aktifitas pertanian dan peternakan, sehingga akan ada tempat hewan peliharan dan beberapa lumbung untuk tempat penyimpanan hasil pertanian.

Desain rumah farm umumnya memiliki ruang transisi yang khas yaitu disebut teras, sebagai penghubung bagian dalam dan luar rumah. Bagian depan rumah adalah bagian formal bagian menerima tamu, sedangkan dapur dan kamar tidur berada pada bagian belakang rumah, bila dua lantai maka kamar tidur ada dilantai atas.

Dapat disimpulkan bahwa pada awalnya desain rumah farm diawali dengan kebutuhan bangunan rumah di daerah pedesaan dan sekitar pertanian. Namun dikarenakan kecintaan seseorang pada alam dan hasil bumi yang menjalin hubungan saling menghargai antar keduanya, sehingga memiliki sifat ramah lingkungan, sifat memperbaiki, untuk mencerminkan kesederhaan dan kemandirian.

Ditambah dengan seiringnya perkembangan zaman, perpindahan penduduk desa ke kota dan kota ke desa maka berkembang jugalah karakter desain rumah farm. Perpaduan budaya desa dan kota mempengaruhi desainer ataupun pemilik untuk mengembangkan desain sesuai dengan keinginan pemilik rumah.

Adapun perubahan yang dilakukan biasanya melalui desainnya yang memasukkan unsur warna, bentuk, dekorasi agar dapat menerapkan suasana pedesaan terlihat tenang, menyatu dengan alam dan sifat romantis disatukan dalam ruangan rumah farm.

Namun yang menjadi tolak ukur utama dari konsep desain rumah farm adalah ketenangan dan kenyamanan. Salah satu contoh yang sering kita temukan di daerah perkotaan yaitu desain rumah konsep cowboy dimana menampilkan tampak depan ataupun dekorasi dalam ruangan terlihat gaya klasik cowboy.

Penggunaan material alami dan warna warna alami seperti cokelat, merah bata cream, putih ataupun warna hangat lainnya yang akan memberikan efek tenang, nyaman dan hangat.

Walaupun terkadang desain rumah farm terlihat perpaduan dari berbagai konsep dekorasi, upayakan juga memadukan beberapa material kayu, tanaman dan furniture modren ataupun pajangan agar desain terlihat mengadopsi konsep pertanian atau pedesaan.

Penampilan furniture yang selalu menonjolkan sifat alami namun telah mengalami penghalusan serta pengecetan sehingga memberikan tampilan yang lebih rapi. Namun bila memilih sofa ada baiknya memilih bahan dari kain yang lembut dan gunakan warna netral.



Apakah kamu tertarik? Jika kamu tertarik ingin membangun tempat tinggalmu sesuai dengan desain rumah farm ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan yaitu antara lain.

1. Simple ala pedesaan
Sesuai dengan kebutuhan desain rumah farm lebih digunakan ke fungsi oleh karena itu konsepnya lebih ke konsep simpel untuk setiap dekorasi dan desain ruangnya. Kehadiran furniture juga akan di di tampilkan sesuai dengan kebutuhan dan fungsi agar ruangan tidak terlalu banyak barang yang tidak berguna.

2. Klasik
Untuk dekorasi ruangan biasanya menggunakan unsur klasik ini dapat diaplikasikan dengan mengggunakan furniture kuno atau benda benda kuno. Dekorasi di sesuaikan dengan gaya klasik yang diinginkan pemilik hunian seperti nuansa cowboy, nuansa peternakan ataupun nuansa pertanian.

3. Material Alami Kayu
Salah satu material utama yang menjadi ciri khas dari desain rumah farm adalah material kayu. Penggunaannya untuk dekorasi ruang sangat dominan, antara lain untuk lantai, langit langit, ataupun funiture-nya. Ada kalanya material kayu tersebut sengaja di unfinishing ada yang memang sengaja dibuat sangat detail finishing-nya.

4. Bata Ekspos
Karna sifat dari desain rumah farm salah satunya klasik, maka konsep bata ekspos pada dinding rumah perlu untuk mendapat perhatian khusus. Tak perlu di semua dinding, tetapi tempatkanlah sesuai dengan dekorasi yag diinginkan.

5. Warna Cat
Warna yang sering digunakan yaitu warna warna yang dapat membawa kesan lembut, hangat dan nyaman. Adapun warna cat rumah yang sering digunakan yaitu warna yang dekat dengan alam antara lain putih warna netral coklat serta turunannya, warna biru ataupun warna yang dekat dengan alam.

 

Bersambung ke halaman 2