Desain Rumah Kontemporer




apcrit.com Gaya dalam Arsitektur maupun Interior merupakan sebuah metode bagaimana bangunan itu dibangun, keinginan memiliki karakteristik yang ingin ditonjokkan mengahasilkan suatu desain perencanaan terhadap elemen seperti material, bentuk, pencerminan karakter satu dearah, ataupun metode pelaksanaan konstruksinya.

Keinginan memiliki rumah dengan desain yang menarik, lengkap serta sesuai kebutuhan merupakan keinginan semua orang. Apalagi bila sudah di desain sebab akan membuat kamu memiliki panduan pelaksanaan sehingga kamu merasa semakin betah menempatinya. Berbicara mengenai desain, pasti kamu sering terjebak dengan istilah desain rumah kontemporer dengan minimalis ataupun gaya moderen, sebenarnya keduanya memiliki ciri khas berbeda. Desain moderen biasanya lebih mengedepankan desain terlihat detail, spesifik dan ada juga elemen desain modern bisa diadaptasi menjadi gaya kontemporer, sedangkan kontemporer unsur minimalis dan sederhana, tetapi masih menampilkan keberanian memainkan motif sehingga terlihat berani menggubah desain desain yang telah ada.

Namun sebelum memilih atau memutuskan desain mana yang ingin dipilih ada baiknya kamu mengetahui sejarah adanya desain kontemporer. Perkembangan kontemporer di mulai sekitar awal 1920-an yang degerakkan sekumpulan arsitek Bauhaus School of Design, Jerman hal ini terjadi dikarenakan respon terhadap berkembangnya teknologi dan perubahan sosial setelah perang dunia. Seni bangunan kontemporer berkembang pesat tahun 1940-1980an. Arsitek kontemporer terkenal dalam salah satunya adalah Frank Gehry (karyanya Museum Guggenheim di Bilbao), Jean Nouvel (karyanya Museum Quai Branly di Paris), Le Corbusier Charles Eames, dan Mies Van de Rohe. Perkembangan kontemporer ditandai melalui perubahan tampilan, proses pengolahan, jenis material, bentuk, ataupun teknologi yang di pakai oleh desainer dalam menyesuaikan waktu dan eranya. Biasanya desainer menyajikan gaya kekininan dan memiliki konsep sehingga terlihat lebih, inovatif, fleksibel, kompleks dan variatif.

Ciri-ciri Karakteristik yang mendasar pada gaya kontemporer lebih mengacu pada Tren dinamis, tidak terikat oleh suatu era atau kekinian sehingga terkesan berubah-ubah setiap waktu (sedang diproduksi pada masa sekarang). Desain kontemporer bisa sangat terlihat eklektik (memilih yang terbaik pada saat ini) juga dalam banyak hal banyak meminjam dan memasukan unsur dan elemen khas pada model-model dan gaya desain yang berbeda, tak terkecuali elemen khas yang terdapat pada desain modern. Elemen tersebut merupakan Pilihan warna netral dan gelap, Garis yang jelas dan halus, Karya seni warna warni, Penyimpanan yang rapi, Color blocking, Nuansa nyaman dan cozy,

Karena Motif dan pola selalu berevolusi, sangat mudah untuk mencampurkan gaya ini dengan gaya yang lain, namun selalu menghindari Warna pop yang cerah, Feminim, Minimalis Arsitektur ini dikenali lewat karakter desain yang praktis dan fungsional, pengolahan bentuk bentuk geometris simple serta menggunakan warna netral dengan tampilan yang bersih. Detail detail bergaris lurus. Daya tahan dan kenyamanan merupakan hal penting dalam bangunan kontemporer. berpadu dengan tata cahaya untuk menghasilkan kesan ruang yang selalu segar, sebisa mungkin selalu selaras dengan perkembangan desain kekinian konsep ruang yang terkesan terbuka atau open plan, harmonisasi ruangan menyatu ruang luar, memiliki fasad terbuka, banyak menggunakan material alam dan untuk jendela besar perlakuan kombinasi bentuk unik serta aneh.



Dan berikut akan diulas lebih detail mengenai furniture yang bisa dipilih dari desain model minimalis kontemporer.
1. Ruang desain kontemporer mengutamakan kebersihan dan kenyamanan. Gunakanlah warna-warna yang lembut seperti putih, coklat, atau hijau untuk memberi kesan sejuk dan bersih. Anda juga bisa menyatukannya dengan taman kecil di dalam rumah atau yang biasa disebut innercourt.
2. Setiap sudut pada desain ruang minimalis kontemporer berangkat dari hal yang netral dengan warna krem, coklat, abu-abu, putih yang dipilih sebagai warna latar belakang. Kunci utama desain interior kontemporer memang terletak pada aksen warna. Anda juga bisa menggunakan variasi dari warna karpet, dinding, tirai, dan lainnya
3. Warna bantal dan dekorasi diatas meja ruangan terlihat berwarna cerah dan kontras. Warna yang solid umumnya merupakan pilihan terbaik dalam ruangan kontemporer. Jika ingin menambahkan tekstur bunga dan beberapa aksen visual lain, gabungkanlah dengan kain yang memiliki kedalaman warna yang tak mencolok. Penggunaan warna putih membuat seluruh ruangan dalam ruang tersebut terlihat menyatu dan membuat tampilan menjadi lebih besar. Baik perabot, dinding, lantai, dan plafondnya dibuat seminimal mungkin dengan warna yang minimal juga.
4. Peran cahaya pada desain kontemporer terlihat pada pilihan Lampu-lampu pada desain ini biasanya ditonjolkan lewat kaca ataupun logam. Lampu juga bisa dipakai sebagai focal point dan titik fokus ruang yang dapat menarik perhatian. Secara total, interior desain rumah minimalis kontemporer ini cenderung trendi dan lebih modern. Gaya kontemporer tidak terlalu kaku namun bersih, rapih dan nyaman.

Beberapa langkah-langkah yang dapat dijadikan acuan untuk desain interior bergaya kontemporer yang dikutip dari beberapa sumber internet :
1. Membiarkan cahaya alami masuk dalam ruangan
Penggunaan ruangan lebih terbuka, terang dan memanfaatkan skylight untuk membawa masuk cahaya alami agar masuk dalam ruangan. Material lantai dipilih warna putih agar cahaya dapat memantulkan biarnya ke seluruh ruangan rumah. Ada juga yg menggunakan material kaca pengganti dinding, jendela dibuat lebih besar dan transparan.

2. Percikan warna cerah
Palet didominasi dengan warna netral seperti abu-abu, cokelat, hitam, dan putih. Warna ini digunakan untuk elemen interior plafond, dinding, lantai, dan menyisakan tempat buat percikan warna ceria pada perabotan ruangan dan aksesoris dalam ruangan. Arsitek lebih kreatif untuk mengolah pola dan tekstur agar memberikan keindahan mencolok ruangan.

3. Material alami untuk interior
Agar membawa rasa baru dalam penyegaran rumah penggunaan material alami membawa kesar baru bergaya kontemporer. Seperti kayu, cotton, slate, jati, wool, dan batu alam agar terlihat tampil berbeda pada desain rumah kontemporer.

4. Perabot dipilih sederhana
Gaya desain perabotannya memiliki ciri khas yang menarik agar memberikan kesan ringan dan sederhana. Bisa didapatkan menggunaan garis halus lurus, peraboatan berwarna putih agar terkesan bersih dan ringan, material reflektif dan kaca trasparan agar memberikan kesan lebih modern.

5. Finishing cantik serta lantai polos
Tampilan material digunakan desain interior terlihat stand out garis minimal dan suasana (kurang barang/apa adanya). Material lantai yang sesuai seperti keramik, kayu, ubin marmer dan porselen. Finishing yang cantik, seperti penggunaan karpet untuk sebuat trik memecah visual ruangan memisahkan antara ruang makan dan ruang keluarga yang biasanya tampil bersebelahan dan menambah kesan mewah.

6. Konsep open plan
Gaya rumah kontemporer menggunakan denah yang terbuka sangat ikonik dan ideal, seakan menyatukan semua ruangan, batas antara ruangan satu dengan lainnya merupakan konsep open plan.

7. Dominasi Elemen Garis
Penggunaan elemen garis lurus merupakan satu ciri desain kontemporer dimana permainan garis lurus yang berulang dalam posisi horizontal maupun vertikal. Elemen garis dapat pilih dari furniture, bukaan, warna atau sengaja ditambahkan pada ruangan.

8. Detail kontemporer ruangan
Desain rumah kontemporer sangat mementingkan tampilan detail unsur halus yang tampak berbeda. Seperti penggunaan pegangan tangga mengunakan dengan unsur industrial antara lain kabel, kaca, baja, atau bahan lainnya.

9. Teknologi tersembunyi rumah kontemporer
Fitur desain rumah kontemporer yang banyak disukai yaitu teknologi tersembunyi membuat kagum yang melihat. Dengan adanya remote yang bisa mengendalikan pendingin otomatis, peralatan elektronik, pencahayaan yang bisa disesuaikan ataupun sistem keamanan. Desainer mencoba membawa kontrol inovatif gaya hidup masa kini.

10. Eksplorasi imajinasi pada desain
Desain rumah kontemporer memberikan kebebasan setiap orang melepaskan aturan formal agar lebih dinamis dan terbuka. Melepaskan imajinasi agar memberikan sentuhan personal pada ruang, dan menambahkan gaya desain eklektik, klasik, atau apapun agar menjadi cermin sempurna dan menjadi ciri khas.

 

Bersambung ke halaman 2