Desain Rumah Minimalis




apcrit.com Bila kamu menyadari hidup zaman modern ini tanah semakin mahal dan ketersediaannya juga semakin terbatas, akhirnya bila kamu ingin memiliki rumah kamu pasti lebih memilih desain rumah minimalis. Mungkin juga kamu tidak menyadari secara pasti apa itu minimalis? Tetapi tidak sedikit dari kamu mulai mencoba mencari tahu dan berusaha untuk intim dengan desain rumah minimalis.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa gaya desain rumah minimalis bukanlah yang paling populer tetapi memiliki pengaruh ke hampir segala bidang dan sangat digemari pada abad ini. Kali ini kita mencoba membahas bagai mana kemunculan desain minimalis yang sangat digemari tersebut.

Pada akhir 50-an muncullah aliran seni dengan sebutan Pop Art, awalnya diterapkan di bidang seni dan musik namun tren tersebut sangat mempengaruhi dunia desain, fashion, dan arsitektur. Saat itu perpaduan warna cerah dan bentuk yang tidak teratur sehingga ada kebosanan dan keinginan untuk menerapkan tren minimalis ke bidang arsitektur dan desain interior.



Pada abad ke-20 sekitar tahun 1920-an, seorang Arsitek Pasca Perang Dunia yaitu I Van der Rohe, dia merupakan salah satu arsitek terkemuka pertama yang menggunakan prinsip dalam desainnya dan menjadi contoh desain minimalis. Pertengahan abad ke-20, Buckminster Fuller ( akrab dengan perkataannya “Doing more with less”) berhasil mendesain kubah dengan menggunakan bentuk geometris sederhana.

Kesederhanaan ini turun dalam seni melukis, desain interior, fashion, dan juga musik. Desain minimalis menunjukkan caranya dalam mempengaruhi segala bidang menjadi gaya desain yang sederhana. Di Amerika seni minimalis berkembang di tahun 1960an. Hampir sama dengan gerakan seni De Stijl, pelukis bereaksi terhadap seni “abstrak-ekspresionisme” dengan hanya menggunakan bentuk geometris yang tidak sempurna dalam karya seni mereka dan tanpa menambahkan hiasan ataupun elemen.

Lain halnya dengan bangsa Jepang yang dilihat dari gaya bangunan minimalis dan kesederhanaan hidupnya, menurut Zen semakin sedikit benda digunakan atau dimiliki, semakin damai hidup seseorang, menempatkan fokus kesederhanaan dan pada aktivitas yang ada.

Minimalis merupakan gaya menkombinasikan harmoni dan keseimbangan dimana elemen-elemen yang ditampilkan adalah penting, serta menghapus bagian-bagian yang tidak perlu itulah salah satu perlakuan desain minimalis. Hal ini dilakukan dengan alasan yang sangat prinsipil yaitu minimalis sebuah bukan sebuah gaya visual tetapi lebih kearah prinsip.

Akhirnya banyak para desainer di luar arsitektur, mengadopsi dan menerapkan prinsip desain minimalis. Dimana desain tersebut memiliki pengaruh sangat besar dan luas, desain terlihat tidak mencolok dan lebih mengedepankan kesederhanaan.

Anggapan selama ini bahwa minimalis merupakan tren, ternyata dimasa ini telah berkembang menjadi prinsip yang menyangkut gaya hidup. Jadi kamu yang menentukan gaya hidup mu, akan seperti apa gaya bangunan dan penataan rumah kamu. Jika gaya hidup kamu tidak minimalis, sudah pasti kamu tidak merasa nyaman bila kamu memiliki rumah gaya minimalis.

Bermain dengan menggunakan sedikit warna-warna pilihan dan desain sederhana, garis dan bentuk tegas. Juga menunjukkan kesan bersih dan luas untuk membuat rumah terasa nyaman sepertinya menjadi sebuah harga mahal.Penggunaan warna yang lembut dan tenang sangat penting dalam gaya minimalis, sebab upaya untuk menciptakan suasana santai dan harmonis. Serta tidak menggunakan banyak furnitur pada penataan interior. Dimana lebih sedikit objek lebih banyak ruang yang diperoleh, dekorasi minimalis untuk daya tarik visual seperti menambahkan lukisan ataupun gambar yang sesuai untuk dekorasi sebagai bagian dari kepribadian dan karaktermu. Pencahayaan yang baik merupakan hal penting dari desain rumah minimalis, pemanfaatan pencahayaan secara alami itu lebih baik,

Berikut ciri-ciri gaya arsitektur dan interior minimalis:
Desain Eksterior Rumah Minimalis, ciri-cirinya :
1. Bentuk dan garis geometris tegas. Biasa didominasi perulangan garis vertikal dan horisontal.
2. Bukaan dan jendela yang lebar, untuk memberikan pandangan keluar lebih leluasa.
3. Penataan landscape minimalis. Menghadirkan tanaman besar hanya vocal point saja.
4. Atap datar atau hampir datar.

Desain Interior Rumah Minimalis, ciri-cirinya :
1. Ruang lebih terbuka dan meminimalkan penyekatan dinding,
2. Ornamen interior seperti penggunaan cornice dan ukiran tidak digunakan.
3. Furniture simple, tegas dan polos, Menghindari kesan monoton, gunakan permainan efek cahaya (buatan atau alami) agar mendapatkan efek dramatis.
4. Meminimalkan penggunaan warna-warni beraneka ragam. Cukup 2-3 warna yang digunakan untuk menciptakan aksen yang ingin ditonjolkan.
Demikianlah informasi tentang desain rumah minimalis yang dapat kamu pilih sesuai dengan kesukaan kamu Semoga bermanfaat.

DESAIN RUMAH MINIMALIS

 

DESAIN RUMAH MINIMALIS

 

DESAIN RUMAH MINIMALIS

 

DESAIN RUMAH MINIMALIS

 

DESAIN RUMAH MINIMALIS

 

DESAIN RUMAH MINIMALIS

 

DESAIN RUMAH MINIMALIS

 

DESAIN RUMAH MINIMALIS

 

DESAIN RUMAH MINIMALIS

DESAIN RUMAH MINIMALIS
Tips-tips desain rumah

Desain Rumah Tradisional
Desain Rumah Klasik
Desain Rumah Modern
Desain Rumah Modern Klasik
Desain Rumah Minimalis
Desain Rumah Kontemporer
Desain Rumah Mediteranian
Desain Rumah Industrial
Desain Rumah Scandinavian
Desain Rumah Tropical
Desain Rumah Farm
Desain Rumah Craftsman
Desain Rumah Beach Style
Desain Rumah Bohemian
Desain Rumah Vintage