Desain Rumah Scandinavian




apcrit.com Gaya desain rumah yang populer saat ini salah satunya yaitu desain rumah scandinavian dengan tampilannya yang kental dan unik. Desain ini sangat cocok diterapkan pada rumah atau apartemen berukuran mungil sebab karakteristiknya memberikan kesan luas pada ruangan. Namun bila kamu tertarik ingin mengaplikasikan atau membuat desain scandinavian sebaiknya kamu mencari referensi lebih banyak bagai mana sebenarnya konsep desain bergaya scandinavian. Sebelu membahas mengenai desain rumah scandinavian ada baiknya kita mengetahui sejarah adanya desain scandinavian. Baiklah teman teman mari sama sama kita pelajari.

Sejarah Desain Rumah Scandinavian
Scandinavian sebenarnya adalah sebuah daerah yang terdiri dari beberapa negara di Eropa antara lain yaitu Norwegia, Swedia, Denmark, Islandia, dan Finlandia. Desain arsitektur Scandinavia mulai diperkenalkan saat pameran desain di Amerika dan Kanada sekitar tahun 1950-an. Ketika itu ada yang mengenalkan bagaimana cara orang Scandinavian hidup menggunakan desain rumah yang memiliki ciri mudah diakses, tersedia untuk semua kalangan indah, sederhana, bersih, serta terinspirasi alam serta iklim Utara.

Para desainer Scandinavia tertarik menghasilkan produk fungsional, tahan lama, dengan harga efisien tanpa menghilangkan keindahan dan keanggunannya. Mereka percaya bahwa jika konsumen memang membutuhkan sesuatu, barang tersebut akan dibeli, tetapi jika tidak, tidak perlu dijual.

Warna natural menjadi salah satu daya tarik utama dan menjadi trademark tersendiri dari desain Scandinavia. Sekitar tahun 40-an seorang desainer Josef Frank, mencoba bereksperimen menggunakan warna natural kemudian dilanjutkan desainer Marimekko pada era 60-an diawali, di mana lebih berani menggunakan warna terang serta ornamen cerah.
Desain gaya Scandinavia banyak diterapkan di negara Barat, terutama karena desainnya yang memfokuskan pada kesederhanaan, pencahayaan yang baik memberikan kesan hangat dan nyaman, pemanfaatan tiap ruangan agar terlihat tetap elegan serta indah. merupakan elemen yang sangat penting pada desain interior ini.

Prinsip awalnya desain rumah scandinavian memprioritaskan fungsi tanpa menghilangkan keindahan dan keanggunannya, dengan tampilannya yang sedikit klasik tapi tetap modern dan stylish. Memiliki karakter garis sederhana serta bersih, terinspirasi dari paduan warna putih serta unsur kayu. Desain suasana outoor digunakan pada desain scandinavian dimana lebih memilih penggunaan material kayu alami dan warna netral daripada warna berani dan menyala, desain ini juga berkaitan dengan iklim dan suasana lanskap yaitu danau, hutan ataupun pegunungan. Hal terpenting desain rumah scandinavian yaitu menciptakan nuansa dingin, nyaman, sejuk dan interior terang. Desain scandinavian akan memberikan suasana elegan, fungsional serta mampu dijangkau seluruh kalangan karena murah. Menciptakan suasana scandinavian sebenarnya tidak begitu sulit kamu perlu menyiapkan cat putih serta furnitur dengan unsur kayu.

Bersambung ke halaman 2