Facebook Menghadapi Resiko Tuntutan Kompensasi Kerugian




apcrit.comSkandal pencurian data pengguna media sosial yang melibatkan platform media sosial paling terkemuka Facebook dan perusahaan analisis data

Cambridge Analytica dapat memunculkan alasan gugatan perdata setidaknya sebesar £ 625 juta sebagai kompensasi terhadap 50 juta lebih pengguna Facebook yang terdampak.

Para ahli hukum terkemuka di Inggris mengungkapkan hal tersebut setelah skandal terbesar dalam kebocoran data media sosial terbesar ini muncul ke permukaan.

Modus penyalahgunaan data ini dilaporkan melalui penggunaan data tanpa izin dengan tujuan untuk membangun suatu sistem database, yang dapat diatur sedemikian rupa sehingga dapat menarget pemilih dan mempersonalisasi iklan politik berdasarkan profil mereka, yang kemudian digunakan terkait dengan pemilihan Presiden di Amerika Serikat.



Profesor hukum Dr Maureen Mapp mengatakan kepada The Sun: “Ada sekitar 50 juta pengguna Facebook yang mengalami pencurian data.

“Dengan asumsi masing-masing mereka mengajukan klaim kompensasi untuk dampak yang disebabkan oleh pencurian data tersebut, setiap individu dapat memperoleh kompensasi sebesar £ 12.500. Secara total, jumlah yang dapat diberikan oleh pengadilan bisa mencapai £ 625 miliar – 50 juta dikalikan dengan £ 12.500.”

Bersambung ke Halaman 2.