Memiliki Hewan Peliharaan Untuk Mengurangi Depresi

Ilustrasi : Sony Aibo / SONY




apcrit.com Terkadang kita pasti heran melihat orang orang sangat senang dengan kebiasaan memelihara hewan peliharaan. Sudah jelas, dengan memelihara mereka pasti banyak merogoh kocek dan waktu untuk makanan dan perawatannya. Jenis hewan peliharaan umumnya dari hewan yang umum seperti kucing atau anjing, sampai terkadang yang aneh-aneh atau mungkin yang ekstrim seperti ular, laba-laba, atau berbagai reptil lainnya. Memiliki hewan peliharaan yang pasti akan menimbulkan kerepotan tersendiri dalam masalah perawatan hewan peliharaan, tetapi dari kerepotan itu tidak akan menjadi masalah besar dibandingkan manfaat dari memiliki hewan peliharaan.

Umumnya dengan memiliki hewan peliharaan manfaat yang dirasakan adalah mengusir rasa kesepian, mendorong kita untuk berolah raga, mengurangi stres dan bahkan mengobati depresi. Apa hubungan antara memiliki hewan peliharaan dengan mengobati depresi ya? Rasanya seperti tidak berhubungan. Sebelum kita dapat memahami keterkaitan antara memiliki hewan peliharaan dengan penanganan depresi, baiknya kita juga mengerti dan paham penyebab stres dan depresi dalam artikel Bagaimana Proses Timbulnya Stres Dan Apa Pengaruhnya Terhadap Tubuh.



Berikut ini adalah pengetahuan dan hal sederhana mengenai stres dan depresi dan bagaimana cara mengatasinya dan bagaimana keterkaitannya dengan memiliki hewan peliharaan.

1. Lakukan aktifitas kesenangan/hobi kamu, biasanya memang bila kamu sedang merasa tidak senang dengan rutinitasmu, ada baiknya kamu sebentar beralih kegitan, ke hobi yang sangat kamu senangi, setidaknya sementara pikiran kamu menjadi fokus pada hobi yang kamu kerjakan. Salah satu hobi itu bisa dengan memiliki hewan peliharaan bukan? Hobi memiliki hewan peliharaan lebih relatif lebih menarik jika kita kaitkan dengan penanggulangan depresi, karena akan ada interaksi timbal-balik antara pemilik dengan hewan peliharaannya.

2. Lakukan aktifitas berolah raga, terkadang bila kamu kurang berolah raga akan menyebabkan kesehatanmu akan berkurang dan pikiran akan cepat stres. Oleh karena itu biasakan untuk jogging selama 30 menit perhari agar tubuh dan jantung mu menjadi sehat. Tetapi masalah yg sering timbul adalah keengganan atau malas. Tetapi dengan memiliki hewan peliharaan, contohnya seekor anjing akan membantu motivasi kita untuk berolah raga, apalagi seekor anjing dikenal sebagai hewan yang suka menjelajah.

3. Cukup istirahat, biasanya kamu mengalami yang namanya kurang tidur itu akibat kurangnya kenyamanan di tempat kamu beristirahat ataupun karena pengaruh stres, baik dikarenakan permasalahan di tempat kerja, kampus atau permasalahan pribadi. Kalau penyebabnya adalah stres, dapat mengakibatkan kamu menjadi depresi, apabila berlangsung dalam waktu lama. Untuk menghilangkan tekanan stres kamu dapat memiliki hewan peliharaan. Dengan memiliki hewan peliharaan diharapkan interaksi yang timbul antara kamu dengan hewan peliharaan kamu dapat mengurangi efek tekanan stres.

4. Renungkan penyebab awal depresi, terkadang urusan/pengalaman masa lampau, tekanan pada pekerjaan, ataupun hubungan internal kamu dalam keluarga sangat mempengaruhi stres sehingga bisa depresi. Berupayalah untuk mejauhkan semua pikiran itu agar kamu segera dapat move on (melangkah maju) untuk masa depan mu maupun keluargamu. Memiliki hewan peliharaan dapat menjadi semacam pengalih perhatian sementara yang positif, dari permasalahan atau beban pikiran yang sedang kita hadapi, supaya kita kemudian dapat berpikir lebih fresh.

5. Memiliki hewan peliharaan, seperti kita ketahui sendiri hewan memiliki daya tarik tersendiri, mereka memiliki rasa cinta dan keterikatan dengan pemiliknya. Boleh dikatakan bahwa seseorang yg memiliki hewan peliharaan akan lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Secara ilmiah bagaimana menerangkan kaitan antara memiliki hewan peliharaan dan penanganan stres atau depresi? Seorang Psikolog Klinis, Arrundina Puspita Dewi, M.Psi, Psikolog, mengatakan bahwa dengan memiliki hewan peliharaan akan memberikan dampak positif baik bagi anak, orang dewasa single ataupun keluarga.

Bagi anak anak, memiliki hewan peliharaan dapat mengajarkan mereka akan tanggung jawab, aktifitas tersebut juga akan melatih mereka untuk menjadi disiplin serta akan mendidik mereka juga tentang kasih sayang.

Bagi orang dewasa yang terutama singel, manfaat memiliki hewan peliharaan adalah mengurangi rasa kesepian dan stres, mereka akan merasa seperti memiliki teman dan sebaliknya akan mendapatkan perhatian dari hewan peliharaanya juga.

Biasanya hewan peliharaan selalu merasakan juga apa yang sedang dirasakan oleh pemiliknya, lagi sedih, kesal ataupun sedang dalam masalah. Sebaliknya, hewan peliharan itu pun memerlukan perhatian kamu juga bahkan pada saat kamu sedang stres atau depresi. Artinya kamu harus tetap mengurus mereka. Nah, aktifitas ini akan sangat baik dalam mengalihkan perhatian kamu dari stres atau depresi yang selanjutnya bermanfaat buat kesehatan mental kamu.

Selain itu, kamu juga harus tahu bahwa memiliki hewan peliharaan juga dapat mengurangi ketegangan dan memperbaiki suasana hati. Ian Cook mengatakan bahwa, dengan memiliki hewan peliharaan, kita akan mendapatkan cinta tanpa syarat, hal ini juga akan bisa sangat membantu seseorang yang sedang mengalami depresi. Seperti pendapat dari Kathleen Doheny, bahwa bila kamu memiliki hewan peliharaan kamu akan dapat keluar dari penjara depresi yang mengisolasi kamu. Memiliki hewan peliharaan memang memiliki manfaat keuntungan buat kesehatan fisik dan mental, terlebih dapat membantu dalam penanganan stres atau depresi.

Motivasi orang dalam memiliki hewan peliharaan umumnya berbeda-beda. Ada yang memiliki hewan peliharaan untuk mengatasi rasa takutnya, ada juga yang memiliki hewan peliharaan dikarenakan hal lain, contohnya kala mereka ditanya kenapa senang memiliki hewan peliharaan? Jawaban mereka terkadang terlalu sederhana, “karena senang aja”, atau “abis lucu sich bisa menemani saya.” Padahal secara tidak sadar mereka sudah mendapat manfaat dari memiliki hewan peliharaan, seperti yang kita bahas sebelumnya di atas.

Bagaimana dengan kamu, hewan peliharaan apa yang akan menjadi pilihan kamu. Apabila pilihan memiliki hewan peliharaan antara anjing atau kucing coba baca artikel Anjing dan kucing, mana yang kamu pelihara? berikut. Apapun pilihan kamu prinsip utama dalam memiliki hewan peliharaan, yaitu cinta dan kepedulian harus dipegang, supaya nantinya hewan peliharaan kamu tetap terawat tidak menjadi terlantar, dan kamu dapat merasakan manfaatnya.

Keep smile and always be happy folks.

Sumber:
http://kesehatanlife.blogspot.com/2013/10/5-tips-cara-untuk-membantu-mengatasi.html#ixzz5Fooly4cz
https://lifestyle.okezone.com/read/2018/01/12/481/1844220/memelihara-hewan-di-rumah-ternyata-bisa-menghilangkan-stres
https://dosenpsikologi.com/manfaat-memelihara-hewan-menurut-psikologi