Susah tidur? Bagaimana jika tidak tidur selama seminggu?




apcrit.com Semua orang menghabiskan separuh hidupnya untuk tidur. Tidak ada seorangpun yang mampu bertahan hidup tanpa tidur, walaupun memang terkadang susah tidur diakibatkan pikiran dan lain sebagainya. Apakah kamu pernah membayangkan jika kamu melewatkan aktifitas tidur ini?

Apakah kamu pernah memikirkan untuk mengganti waktu tidur ini untuk melakukan segala aktifitas seperti bertukang, memodifikasi motor anda, touring dengan klub mobil atau motor kamu, ataupun sekedar menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga hanya untuk melewatkan yang namanya tidur. Sangat menyenangkan bukan?

Tapi mari kita lihat apa yang terjadi setelah kamu tidak tidur selama 3 hari.

Setelah 1 hari :

Susah tidur? Bagaimana jika tidak tidur selama 1 minggu?
Bahagia dan Gembira.
Semua hal di sekeliling kamu mampu membuat kamu bahagia dan senang, bahkan hal yang bodoh sekalipun dapat membuat kamu merasa gembira ria. Kamu akan menemukan sesuatu yang lucu pada hal-hal yang tidak lazim dilakukan. Kenapa hal ini terjadi? Hal ini disebabkan karena otak akan menambah jumlah dari Dopamine untuk menyeimbangkannya dengan jumlah jam tidur kamu yang kurang.

Dopamine bertugas untuk mengontrol emosi, hal yang membuat senang dan gerakan fisik. Menjelang malam tiba kembali, kesenangan ini akan berkurang. Daya ingat kamu akan menurun, kelelahan akibat aktifitas yang berlebih, bahkan orang-orang di sekitarmu menganggap kamu sedang mabuk. Pada tahap ini kamu akan kesusahan merencanakan sesuatu dan mengambil keputusan. Parahnya lagi, kamu akan melakukan tindakan tiba-tiba tanpa perhitungan.

Kalau kamu sudah tidak tidur semalaman dilarang keras mengemudi. Trust me.



Setelah 2 hari :

Susah tidur? Bagaimana jika tidak tidur selama 1 minggu?
Beberapa fungsi fisik pada tubuh kamu akan berhenti berfungsi, contohnya kemampuan metabolisme tubuh untuk mengolah glukosa menjadi energi, hasilnya kamu akan lemah tak berdaya, tubuh pucat, loyo, jalan sempoyongan. Parahnya lagi sistem kekebalan tubuh kamu akan berkurang, lebih cepat terkena flu dan infeksi lainnya. Apabila diurut sedikit badan kamu langsung merah, mual dikarenakan masuk angin. Kesulitan komunikasi seperti gagap dan berbicara tidak jelas. Pada saat ini semua orang akan percaya bahwa kamu sedang mabuk berat.

 

Setelah 3 hari :

Susah tidur? Bagaimana jika tidak tidur selama 1 minggu?
Semua kegembiraan dan fantasi akan dimulai pada hari ketiga ini. Kamu akan mulai berhalusinasi, dari gerakan, kata-kata yang kamu ucapkan dan termasuk hal-hal aneh yang berasal dari mimpi kamu bersamaan dengan waktu terjaga kamu. Artinya, pada hari ketiga ini kamu akan selalu ngawur saat berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kamu. Orang akan menganggap kamu gila.

Lupakan hari keempat, kelima dan seterusnya. Karena tidak tidur berturut-turut selama tiga hari saja, tubuh kamu sudah tidak berfungsi normal, ngawur dan orang menganggap kamu gila. Mungkin setelah hari keempat kamu akan dipasung, karena menimbulkan keresahan akibat ulah kamu yang gak tidur 4 hari.

Rekor tidak tidur terlama masih dipegang oleh Randy Gardner, pada tahun 1964. Yaitu selama 264 jam atau kurang lebih 11 hari 25 menit, setelah itu dicoba oleh Tom Round, tetapi beliau hanya mampu tidak tidur selama 260 jam.

Rekor tersebut membuktikan tubuh manusia mampu tidak tidur kurang lebih 11 hari, setelah itu tubuh kamu tidak berfungsi total dan mengakibatkan kamu Rest in Peace. Hiks.

Sumber : Bright Side