Tips Bagi Pemula Hobi Fotografi Jalanan (Street Photography)



apcrit.com Bicara masalah hobi semua orang pasti memiliki hobi yang berbeda beda, malah tidak sedikit ada juga yang tadinya hobi malah menjadi sumber penghasilan.

Pastinya setiap orang ingin mengabadikan perjalanan hidupnya, walau sekedar dokumentasi ataupun ada juga suka hunting untuk mencari objek momen yang menarik dan unik untuk diabadikan. Nah aktifitas inilah salah satunya yang sering disebut hobi fotografi.

Kemajuan teknologi kamera semakin berkembang sampai ke smartphone yang selalu di bawa setiap orang, hasil kamera smartphone saat ini sudah mulai tidak kalah dengan kamera digital tertentu.

Jadi bagi kamu yang memiliki hobi fotografi jalanan (Street Photography) namun memiliki peralatan yang ala kadarnya, tidak ada salahnya kamu membaca tips berikut. Tips berikut akan menguraikan cara memaksimalkan hobi Street Photography kamu dengan memanfaatkan kamera smartphone yang ada ditangan kamu.

Memang untuk memulai hobi ini sangat menakutkan tetapi yakinlah bila kamu mendapatkan bidikan yang tepat dan sempurna ada kepuasan tersendiri yang akan kamu rasakan.

Berikut tips yang dapat kamu gunakan untuk memulai hobi Street Photography :

1. Manfaatkan kamera yang kamu miliki

Tips Bagi Pemula Hobi Fotografi Jalanan
Gunakan yang ada, kamera smartphone, digital biasa, ataupun DSLR, yang pasti tidak harus mewah tetapi yang terpenting adalah mulailah memotret.

 

2. Selalu bawa kamera kamu

Tips Bagi Pemula Hobi Fotografi Jalanan
Pilihan kamera smartphone sangat cocok karena biasanya selalu kamu bawa untuk komunikasi juga. Pentingnya selalu membawa kamera dalam genggamanmu karena apa saja bisa terjadi secara acak didepanmu, bila kamu tidak siap kesempatan menangkap momen unik dan menarik akan terlewatkan.



 

3. Wide Shoot

Tips Bagi Pemula Hobi Fotografi Jalanan
Istilah ini dikenal dengan pemotretan sudut pandang lebar, jadi kamu akan dapat memasukkan objek lebih banyak dalam bingkai jepretanmu. Untuk kamera DSLR biasanya menggunakan lensa 28mm atau 35mm, namun untuk di kamera smartphone ada di menu settingan aplikasi kameranya.

 

4. Upayakan subjek lebih dekat

Tips Bagi Pemula Hobi Fotografi Jalanan
Bila menggunakan sudut lebih lebar memaksa kamu harus lebih dekat dengan subjek. Ini sangat penting agar hasilnya lebih terasa dan nyata.

 

5. Tentukan tema yang ingin kamu cari

Tips Bagi Pemula Hobi Fotografi Jalanan
Bila kamu susah untuk konsentrasi untuk menemukan suatu subjek tema yang kamu inginkan, cobalah dengan memperhatikan dari yang sederhana.

Misalnya kamu keluar di pagi hari untuk memfoto sepasang kekasih yang lagi berjalan sambil berpegangan tangan. Hasilnya memang pasti, tidak menjadi foto yang sangat luar biasa, namun kamu telah berhasil mencari adegan yang telah menjadi subjek targetmu. Hal ini berguna untuk pengalaman berikutnya.

Bersambung ke halaman 2