Tips memilih Desain Rumah Yang Baik – Rumah Klasik

Image parts from Vecteezy




apcrit.com Perkembangannya gaya hunian tidak berjalan cepat seperti tren otomotif, busana ataupun musik. Masih banyak pemilik rumah menerapkan desain klasik untuk identitas dan karakter  desain rumah mereka sehingga secara perlahan dan pasti, tren itu selalu ada, berkembang dan desain klasik tak pernah ada matinya.

Desain rumah klasik berhasil mempertahankan diri namun ada kalanya penggunaan gaya klasik lebih disederhanakan untuk mengikuti tren rumah dan arsitektur, supaya kesan hangat dan intim tetap bisa hadir di kalangan penghuni.

 

Seperti apakah yang dimaksud  desain rumah klasik?

Desain rumah klasik selalu merujuk pada arsitektur Roma kuno yang memiliki ke khasan karakteristik bangunannya dengan ciri-ciri memiliki tiang menjulang tinggi serta terkadang memiliki lekukan bulat membentuk setengah lingkaran dan arsitektur Yunani klasik, dipelopori oleh Seorang Yunani yang bernama Apollodorus of Damascus, mempelopori merancang bangun gedung berupa gedung olah raga, perguruan tinggi, dan jembatan pada abad ke dua.

Desain rumah klasik sangat melekat dengan pancaran mewah, penggunaan warna putih yang dominan di padu dengan sedikit warna gelap menjadikan suasana klasik yang pekat. Serta tiang-tiang yang berdiri kokoh mengapit teras di depan rumah dan memiliki tembok yang cukup tebal menjadikan salah satu ciri khas dari gaya klasik yang tak bisa dihindari.

Ukuran bangunannya yang selalu terlihat besar sehingga pintu dan jendela pun di desain menggunakan ukuran berbentuk besar dengan siku tegah membentuk persegi panjang dan juga tidak meninggalkan nuansa halaman rumah dimana terdapat pepohonan yang tertata rapi, bunga dan rerumputan yang hijau menghiasi halaman untuk menambah kemewahan tersendiri.

Bangunan desain rumah klasik, di Indonesia bila kamu memiliki rumah seperti ini kamu tergolong orang elit. Sebab rumah dengan desain klasik tergolong rumah mewah, sudah pasti biaya untuk membangun rumah ini pastilah sangat mahal.



Desain Awal Kebangkitan Rumah Klasik

Desain awal kebangkitan rumah klasik, memiliki dua ciri karakteristik sangat khas dan otentik terlihat dari deretan kolom tinggi dan pedimen, dibagian depan berbentuk segitiga terletak di bawah atap, desain teras bertingkat dua yang dominan, didukung oleh balkon besi lantai dua dengan kolom-kolom tuscan dan langkan menyatu dengan kolom serta detail cornice yang sangat rumit dan jelimet, molding terdapat di sepanjang interior dan eksterior rumah terlihat lebih rumit dan berani.

Komposisi berulang dapat dilihat dari bukaan pintu dan jendela, proporsi, simetri dan detail detail ornamen yang begitu mengagumkan. Karakteristik desain rumah klasik ini sama seperti dengan kuil Romawi, Yunani dan monumen lainnya yang masih dapat kita nikmati selama berabad-abad.

Berikut beberapa contoh rumah Desain awal kebangkitan rumah klasik:

Tips memilih Desain Rumah Yang Baik – Rumah Klasik

Tips memilih Desain Rumah Yang Baik – Rumah Klasik

 

Tips memilih Desain Rumah Yang Baik – Rumah Klasik

Tips memilih Desain Rumah Yang Baik – Rumah Klasik

Bersambung ke halaman 2