Waspada Microsleep disaat berkendara di jalan yang lurus



apcrit.com Kamu pasti pernah mendengar cerita seseorang mengalami kecelakaan dikarenakan ketiduran?

Yup…. pasti terjadi di karenakan drivernnya terkena serangan microsleep, hal ini sangatlah berbahaya sebab dapat merenggut nyawa.

Jika kamu sedang berkendara mudik perhatikan keadaan kamu atau pun driver bila kamu menggunakan jasa driver, apalagi bila mengalami tanda, driver bangun tersentak terkejut dengan tiba tiba kadang ada juga sampai kepala terbentur dan hanya berlangsung sepersekian detik.



Kadang kamu akan terkejut melihat tadinya mobil yang ada didepan mu berjarak sekitar 200-300 meter dan tiba tiba sudah ada berjarak 20 meter di depanmu, bila saat itu terjadi waspadalah!!!. Kamu terkena microsleep.

Apa itu microsleep?

Para ahli menjelaskan bahwa microsleep yaitu segala proses input dari indra penglihatan dan pendengaran tidak dapat dicerna oleh otak sehingga keadaan badan menjadi tidur sejenak.

Kejadian tersebut hanya sebentar saja dan beberapa pendapat menyatakan durasi microsleep dapat terjadi sekitar antara 1 hingga 30 detik, walaupun mata kamu masih terbuka. Bayangkan bila kendaraanmu melaju dengan kecepatan 100km/jam nyawa akan menjadi taruhannya.

Nah apabila kejadian tersebut kamu alami, saya sarankan kamu untuk minggir dan beristirahat untuk tidur walaupun hanya 5 menit, saya jamin kamu akan segar kembali, jangan memaksakan diri karna dampaknya akan fatal dapat merenggut nyawamu sendiri

Jadi penulis dan apcrit.com sekedar mengingatkan kembali bagi kamu-kamu yang hendak mudik ke kampung halaman untuk berlebaran. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menempuh jarak mudik kamu apalagi bila kamu berkendaraan sendiri.

Tips ini akan berguna bagi kamu yang akan mudik dan berkendara dalam waktu lama:

1. Persiapkan perlengkapan secukupnya selama dalam perjalanan,
2. Berikan waktu untuk beristirahat,
3. Bila kamu menempuh jarak yang sangat jauh ada baiknya bawalah teman,
4. Konsentrasi dan jangan biarkan pikiran kosong,
5. Jangan lupa membawa ganjalan ban mobil bila jalan yang kamu tuju menanjak,
6. Jangan lupa untuk berdoa agar tidak terjadi sesuatu diperjalanan,

Dalam berkendara kondisi kamu biasanya harus ‘full awareness’, pada saat microsleep menyerang kondisi tersebut sering disebabkan karena banyak faktor yaitu sleep apnea, depression, hypoxia, narcolepsy, sleep apnea, mental fatigue, sleep deprivation, atau hypersomnia.

Walaupun ada beberapa anggapan yang tak perlu kamu indahkan, biasanya hanya berguna untuk beberapa orang saja yang dalam keadaan kondisi tubuh yang fit, antara lain :

1. Memacu kendaraan dengan kencang akan membuat ngantuk akan berkurang disebabkan hormon adrenalin meningkat,
2. Jalan berbelok akan menghilangkan rasa ngantuk sebab akan dapat lebih fokus,

Buang perasaan pongah. Harus kita sadari bahwa fisik manusia terbatas, dan sial itu bisa terjadi ke setiap orang, tanpa melihat ahli atau tidak. Safety ride dan buat perjalanan anda menjadi perjalanan yang menyenangkan.

 


Waspada Microsleep disaat berkendara di jalan yang lurus

 


Seluruh Team APCRIT dan ADVENTURE BMS mengucapkan :

“Selamat Idul Fitri 1439 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin”

Selamat menikmati liburan lebaran,
Utamakan kebahagiaan keluarga kamu daripada statistik kecelakaan.
Salam safety first.