Cara Mengubah Teks Menjadi Angka di Microsoft Excel

Image parts from Vecteezy

Cara Mengubah Teks Menjadi Angka di Microsoft ExcelGambar 1




apcrit.com Dalam keseharian kamu dengan Microsoft excel di kantor atau tempat kerjaan mungkin sering menghadapi kasus seperti di gambar 1 di atas. Dimana ada blok data yang masih berupa text yang harus di proses lebih lanjut dengan menggunakan tools yang ada di dalam Microsoft excel tersebut. Baik melalui fungsi Sum, Average, Count atau dengan menggunakan fungsi logika seperti IF , Vlookup, Hlookup, dan lainnya.

Untuk dapat diolah lebih lanjut dalam Microsoft excel dengan menggunakan berbagai tools di atas pertama sekali blok data seperti dalam gambar 1 di atas tentunya terlebih dahulu harus diubah ke dalam format angka. Bisa aja sih mengubahnya dengan cara manual, dengan catatan kalau datanya tidak banyak atau hanya beberapa baris (row) saja.

Tetapi bagaimana kalau jumlah data yang harus diubah ada beberapa ribu baris (row)? Mengubah dengan cara manual tentu akan sangat memakan waktu, belasan gelas kopi dan lembur gratis mungkin..hahaha. Trus gimana dong, datanya sudah ditunggu atasan saya, si bapaknya galak lagi…hiii, saya juga ngga mau lembur gratis, belum lagi udah janjian ama si doi mau nonton premier Ronald The Barbarien . Panik? Sama dong….hehehehe…becanda. Tenang, ada solusi cepatnya kok. Hanya menggunakan fungsi find and replace di Microsoft excel kita bisa menuntaskan kepanikan kamu. Mau tau caranya? Baca terus makanya ya.

Langkah pertama
Analisa terlebih dahulu datanya. Kenapa blok data tersebut dianggap sebagai text oleh Microsoft excel. Untuk contoh seperti Gambar 1 di atas, masalahnya adalah karena ada tulisan singkatan mata uang yaitu IDR dan USD, sehingga Microsoft excel menganggap keseluruhan karakter adalah text. Solusinya adalah menghapus huruf-huruf IDR dan USD yang ada. Bukan dengan cara manual tentunya, bisa-bisa kamu ditongkrongin sama atasan anda, si bapak berkumis tebal nan galak itu…hahahaha.

Langkah kedua
Blok data yang akan diubah seperti di worksheet Microsoft excel di gambar 1 di atas.



Langkah ketiga
Pencet dan tahan key “Ctrl” di keyboard, kemudian pencet huruf “F” (Ctrl+F). Fungsinya untuk memanggil fungsi “Find & Replace” di Microsoft excel kamu. Tampilannya nanti kira-kira seperti ini:

Cara Mengubah Teks Menjadi Angka di Microsoft ExcelGambar 2

 

Dalam worksheet Microsoft excel diatas, ada dua objek karakter yang harus kita hapus, yaitu “IDR” dan “USD”. Menghapusnya harus satu-satu ya, tidak bisa sekaligus, karena fungsi “find & replace” hanya dapat digunakan untuk satu objek untuk satu operasi. Kita mulai dari IDR terlebih dahulu. Ketik “IDR” di kotak Find what (tab Find), tulisannya harus sama persis seperti yang di worksheet kamu (tanpa tanda kutip ya). Kira-kira akan menjadi seperti ini :

Cara Mengubah Teks Menjadi Angka di Microsoft ExcelGambar 3

 

Kemudian pindah ke tab replace. Tab replace ini diisikan dengan karakter pengganti dari karakter yang kita “Find” tadi. Dalam kasus ini kita kosongkan saja, karena tujuan kita hanya untuk menghapus tulisan “IDR”. Seperti ini kira-kira nantinya:

Cara Mengubah Teks Menjadi Angka di Microsoft Excel
Gambar 4

 

Kemudian kamu klik tombol “Replace all”. Hasilnya nanti akan muncul kotak dialog seperti ini:

Cara Mengubah Teks Menjadi Angka di Microsoft Excel
Gambar 5

 

Artinya Microsoft excel sudah berhasil melakukan 18 operasi pencarian dan penggantian seperti yang kita perintahkan sebelumnya. Tutup kotak dialog. Lihat kembali ke worksheet Microsoft excel kamu.
Hasilnya kira-kira seperti ini:

Cara Mengubah Teks Menjadi Angka di Microsoft ExcelGambar 6

Sudah ada perubahan bukan. Tulisan “IDR” sudah tidak ada, dan karakter-karakter tersebut sudah dihitung sebagai angka oleh Microsoft excel. Bisa kita lihat di pojok kanan bawah, Microsoft excel sudah menghitung banyaknya data, nilai rata-rata data dan jumlah keseluruhan dari blok data. Gampang bukan? Akhirnya selamat juga dari lembur gratis dan amukan si doi…hehehe. Tapi tunggu dulu gan, hasilnya belum valid karena masih ada sebagian data yang masih dianggap sebagi text oleh Microsoft excel, masih ada objek karakter yang masih ada tulisan “USD” nya. Trus bagaimana dong? Ya kerjain sendiri dong brosis, ikut langkah seperti di atas…hehehehe. Anggap saja latihan, ok? Nanti saya bagi trik-trik sederhana Microsoft excel lainnya. Chaoo

Baca Juga :